Aset merupakan salah satu untur penting dalam akuntansi. Aset bahkan masuk sebagai salah satu variable dalam persamaan akuntansi. Oleh sebab itu, mengetahui apakah aset yang dimiliki berdampak secara efektif dan efisien untuk perusahaan sangatlah penting. Kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang Return on Asset atau ROA.

Return on Asset atau ROA adalah salah satu rasio keuangan yang umum digunakan dalam melakukan analisis laporan keuangan. ROA mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dari memanfaatkan aktiva atau aset yang dimiliki. Nilai ROA dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dalam melakukan investasi karena dapat digunakan untuk memproyeksikan kemungkinan yang terjadi di masa yang akan datang.

Semakin besar nilai ROA, maka semakin baik pula kinerja perusahaan dalam memanfaatkan aset yang dimilikinya dalam menghasilkan laba bersih bagi perusahaan. Perhitungan ROA dilakukan dengan membandingkan antara laba bersih perusahaan dengan total aset yang dimiliki. Perhitungannya dapat dirumuskan sebagai berikut :

\"\"

Fungsi lainnya dari ROA antara lain :

  1. Dapat digunakan untuk menganalisis efisiensi perusahaan dalam memaksimalkan penggunaan modal atau aset yang dimiliki perusahaan.
  2. Sebagai pembanding antar perusahaan sejenis dalam efektifitas perusahaan dalam memanfaatkan asetnya.
  3. Dapat digunakan untuk mengukur tingakat efektifitas dan efisiensi kinerja perusahaan.
  4. Dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam melakukan ekspansi perusahaan, dilihat dari efektifitas dan efisiensi penggunaan aset dalam menghasilkan laba perusahaan.
  5. Dapat digunakan sebagai dasar pengalokasian aset perusahaan untuk divisi yang lebih membutuhkan.

Jadi, penting untuk tahu seberapa besar nilai ROA yang dimiliki perusahaan agar lebih mudah untuk melakukan pengambilan keputusan. Tapi tidak hanya ROA, nilai lainnya seperti ROE dan ROI juga tak kalah pentingnya loh. Cek artikel lainnya untuk tahu lebih lengkapnya.

Malang, Desember 2019

PT. Fortuna iMARKS Trans

Lintang januari

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top