Hai , senang rasanya bisa kembali bersua dengan para rekan- rekan.
Edisi senin kali ini saya akan menshare tentang point- point yang menjadikan platform sosial media sangat penting dan powerful untuk bisnis. Ini merupakan kelanjutan dari artikel saya yang sebelumnya dimana membahas tentang salah satu klien yang saya tangani berhasil menjadikan sosial media sebagai salah satu power dalam marketingnya , selengkapnya Power Of Asset Digital.
Kali ini saya akan langsung memberikan ringkasan tentang bagaimana bisa sosial media bisa berdampak untuk marketing. Untuk diketahui dari metode yang telah saya gunakan untuk menghandle setiap klien, hanya kami gunakan 10 point teknik/ cara sebagai berikut
1. Share : Buatlah konten yang menarik sehingga membuat audiens Anda tertarik untuk share konten itu kepada jaringan sosialnya.
2. Go Real Time : Publish konten secara fresh. Respon komentar / komplain audiens dengan cepat.
3. Educate, Don’t Sell : Media sosial adalah tempat untuk mengedukasi pasar, calon pelanggan. Saat menggunakan Sosial Media sama dengan Anda sedang membangun kredibilitas atas bisnis anda.
4. Entertain, Don’t Market : Audiens Anda akan lebih engage jika konten-konten digital Anda menghibur serta interaktif, dan bukan sekedar berisi iklan promosi satu arah.
5. Go Multichannel : manfaatkan platform media sosial lainnya lalu bangun komunikasi digital yang bersifat terpadu dan saling berhubungan (integrated).
6. Go Visual : audiens , terutama para young generations lebih menyukai tampilan visual yang dinamis disertai video yang menarik.
7. Think Like Publisher : sajikan/ buat konten yang lebih menarik/ interaktif dari pada kompetitor.
8. Target Your Niche dengan memanfaatkan para influencer untuk menjangkau market yang sesuai dengan profil bisnis anda.
9. Listen : Dengarkan masukan dari audiens Anda. Karena dengan mendengar mereka , anda bisa saja mendapat feedback yang berguna
10. Engange : bangun komunikasi yang intens dengan para audiens.
Well, itu 10 point tentang lanjutan Power Of Asset Digital. Setiap metode yang kami gunakan kemungkinan sama dengan yang lain, tapi kalau sudah melakukan hal sama tapi hasilnya beda ? Kembali ke penjelasan di artikel sebelumnya, yang menjadi pembeda hanyalah 2 , yaitu kedisipinan dan ketekunan dalam eksekusi.
Demikian artikel saya kali ini, 10 point diatas sangatlah berguna bagi para pelaku Marketing Communication, karena masih banyak peerusahaan yang masih belum handal dalam menyampaikan pesan akan produk kepada market.
*seluruh referensi ini saya dapatkan dari Business Inspiring Slide yang disajikan oleh akun @strategy_bisnis di twitter.
Salam,
Nicholas Ryan
PT Fortuna Imarks Trans