Momennya pada Maret 2019. Sebuah grup WA alumni kampus menghubungkan kembali Saya dengan Ellita. Kawan kuliah saat Kami belajar Ilmu Komunikasi, di Universitas Brawijaya Malang. Ellita lulus terlebih dahulu, mahasiswi brilian yang rajin belajar dan pandai menari, asli, Ellita adalah salah satu langganan delegasi dari Universitas Brawijaya saat ada event terkait dengan tari.
.
Saya tahu bahwa Ellita berkarir di PLN, great job! Setahu Saya Ellita ditempatkan di Bandung, dan Saya baru dapat update di grup, bahwa Ellita sudah pindah tugas dan ditempatkan di Surabaya.
.
Singkat kata, nyambung banyak ngobrol dengan Ellita, karena ternyata Ellita ditempatkan di bagian niaga, yang berarti lingkup pekerjaannya nggak jauh jauh dari urusan pemasaran. Saya penasaran, dan sungguh, saat itu Saya tanya langsung ke Ellita, ada bagian pemasaran di PLN? Wkwkwk, pikiran dangkal Saya nyeletuk, di urusan kelistrikan, PLN kan nggak ada lawan, konsumennya sudah captive, ngapain dipasarkan lagi Ellita?
.
Komunikasi berlanjut seru, karena hampir 10 tahun sejak lepas kuliah, Kami tidak bertemu. Komunikasi semakin nyambung, saat Kami berdiskusi tentang PLN yang semakin terbuka dengan perubahan, bagaimana ide dan inovasi baru semakin banyak dan diberi ruang di PLN, hingga ada peluang pekerjaan yang dapat dikolaborasikan, wow, Saya pikir menarik ini untuk ditindaklanjuti.
.
Secara pengalaman, PT Fortuna iMARKS Trans memiliki rekam jejak menghandle campaign program dengan PT Telkom Indonesia, saat mengaktivasi program HotelQu. Sebelumnya, tantangan dari DBS (Development Bank of Singapore) juga lancar ditangani saat aktivasi My Bizz Highlight Challenge sebagai sebuah kampanye nasional di Indonesia.
.
Memasarkan setrum dari PLN? Menjadi tantangan berikutnya. Semestanya? Jawa Timur! iMARKS ditantang untuk mengoptimalisasi kampanye yang disebut : Menembus Batas, sebuah program yang memberikan penawaran diskon 50% hingga 100% u/ Pelanggan yang bersedia melakukan tambah daya.
.
Meeting perdana digelar, menarik menyimak diskusi dengan Pimpinan Divisi Niaga Pak Tegar H. Budiono yang masih sangat muda dan berpikiran terbuka. Meeting tidak berlangsung lama, kurang dari setengah jam digelar, dan kesepakatan dibuat dengan cepat. Yes, this is another level of challenge, karena program perlu dilaksanakan beberapa hari ke depan, dan periode kampanye relatif singkat, tidak sampai sebulan……, hmmm……, kira-kira bagaimana ya cara cepat untuk menjangkau 38 Kota dan Kabupaten di Jawa Timur secara masif, intensif, dengan metriks yang jelas dan indikator yang akurat? Dalam hati Saya, setelah ini, PLN will never be the same! Wkwkwk, pemikiran sontoloyo khas konsultan pemasaran dari kampung 😘😘
.
But I learn fundamental way of thinking ketika mempersiapkan pekerjaan Roro Jonggrang bareng PT PLN ini, yang Saya singkat sebagai CCA, yang merupakan singkatan dari : Campaign -> Content -> Activation. Apa itu? Dan kenapa Saya sebut fundamental? Can’t wait to explain it, baca lengkap di tulisan selanjutnya ya 😘
.
.
Salam Pertumbuhan
Faizal Alfa
PT Fortuna iMARKS Trans