Beberapa waktu lalu, saya tergabung dalam satu project dari PT. Telkom Indonesia untuk mengcampaignkan salah satu aplikasi Simdik Online mengenai integrasi sekolah, siswa dan guru. Simdik online mempermudah pada administrasi sekolah mulai dari nilai, jadwal pelajaran, biaya SPP dll. Bahkan, penggunaanya cukup mudah dengan cara download aplikasi via android dan ios. Campaign tersebut kita bungkus dengan nama Sekolah Kece (@sekolahkece.id). kebetulan salah satu tugas yang diberikan pada saya ialah follow up kepada banyak orang melalui whatsapp. Pada saat itu saya mendapatkan Pengalaman pertama, yakni nomer whatsapp terblokir.

Sedikit penjelasan mengenai Whatsapp, yang mulai dilirik oleh para pelaku bisnis karena salah satu penelitian menjelaskan bahwa sebanyak 80% masyarakat saat ini menggunakan fitur whatsapp. Masyarakat menganggap marketing digital secara personal dirasa lebih private lebih langsung kepada kita. Sehingga banyak pelaku bisnis yang berpindah pada whatsapp dari yang awalnya Facebook messenger.

Kembali pada topik pengalaman diblokir oleh whatsapp pertama kali, yang bahkan ketika mengganti nomer sebanyak 3 kali, whatsapp lagi-lagi memblokir. Dari hal tersebut saya mulai mencari tahu keadaan seperti apa sih yang membuat nomer bisa di blokir?

  1. Ketika pesan text dianggap mencurigakan. Kategori text mencurigakan ialah indikasi copy paste text yang dikirimkan kepada banyak nomer alias ketika text yang dikirim sama sehingga kita dianggap spaming.
  2. Nomer baru. Penggunaan nomer baru akan lebih riskan daripada menggunakan nomer lama untuk mengirimkan pesan. Sehingga, ketika aktivitas tiba-tiba meningkat tajam maka akan lebih dicurigai oleh pihak whatsapp
  3. Diblokir oleh banyak orang dalam waktu yang sama

Dari pengalaman tersebut saya juga banyak belajar bahwa, ketika terdapat goals untuk melakukan whatsapp blast maka yang perlu dilakukan pertama kali ialah memanasi nomer atau dalam artian nomer baru harus lebih banyak menerima pesan terlebih dahulu. Kemudian, batasi penggunaan dengan memberikan jeda jam hingga jeda hari, hal tersebut untuk mengurangi indikasi tindakan mencurigakan dari pihak whatsapp. Minimal 50 hingga 100 nomer setiap hari jika nomer anda tergolong nomer baru.

Untuk mempermudah bisa menggunakan aplikasi blast wa namun, tetap harus menggunakan nomer lama ya biar tidak terblokir wkwkwk
Lantas apa yang dilakukan ketika nomer whatsapp terblokir? Tentunya ganti nomer. Untungnya ketika kita tidak log out data akan tetap tersimpan gays. Jadi, jangan parno sendiri
See ya pada artikel yang lainnya guys !! :*

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top