Fokus dari marketing bukan hanya bagaimana cara menjual produk dalam jumlah banyak atau mendapat keuntungan yang banyak, tapi salah satunya juga bagaimana cara agar bisa menciptakan kepuasan pelanggan. Nah kepuasan pelanggan ini akan muncul atau terjadi jika kebutuhan, keiginan, dan permintaannya terpenuhi. Jadi keberhasilan suatu produk itu tergantung dari respon dan feedback customer kepada kita.

berikut 4 jenis needs calon customer yang perlu kalian tau..

1. Stated Needs

yaitu kebutuhan yang diungkapkan, contohnya di restoran customer akan memilih pamet yang perbandingannya lebih murah dan banyak

2. Unstated Needs

yaitu kebutuhan yang tidak diungkapkan atau tidak terlalu diperhatikan, tapi jika melakukannya bisa jadi nilai plus. contohnya respon yang sopan, pekerjaan terdelivery dengan cepat, fast respond, after sales service yang baik, dll

3. Actual Needs

yaitu kebutuhan yang sebenarnya sangat dibutuhkan customer. contohnya membuka bisnis makanan, restoran kebutuhannya bagi customer agar perut terisi dan bisa menambah energi

4. Moral needs

yaitu kebutuhan moral atau yang menjawab pertanyan “perasaan apa yang akan timbul setelah beli produk ini” contohnya beli makanan/minuman A agar terlihat kekinian, nongkrong ditempat hits jaman sekarang.

nah ketika kita sudah mengetahui ke 4 needs buyer ini, kita akan lebih mudah menentukan differensiasi dengan kompetitor. Dan jika pelanggan ini mendapatkan kepuasan dari itu semua maka akan ada pengaruhnya pada omset penjualan yang dihasilakan.

Habibil Mila
PT. Fortuna iMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top