Langkah pertama dalam bisnis kuliner, kita harus mengetahui poin pokok yang kali ini saya beri nama three musketeer hahaha.
Sebuah musketeer yang dalam bisnis kuliner sebagai penjaga dalam bisnis kuliner yang harus dan wajib kita ketahui :
- Prime product
Yakni produk apa yang menjadi favorite atau produk apa saja dengan penjualan paling tinggi. Misalnya Burger King yang memiliki penjualan tinggi ialah produk Whoopernya.
- Prime Customer
Setelah produk, terdapat customer. Mengarah ke market kita. Sebelumnya pasti kita mengetahui siapa market kita. Kemudian dari market tersebut, kita juga harus tahu dari market tersebut siapa konsumen yang paling sering membeli produk kita
- Prime time
Terakhir yakni terkait waktu. Seperti yang kita tahu bisnis kuliner sebenarnya hanya bisnis saat waktu tertentu yakni makan siang (jam 12 hingga jam 2) dan makan malam (jam 6 hingga jam 8). Untuk itu sebagai pelaku bisnis, kita harus tahu waktu yang paling banyak konsumen datang untuk membeli produk kita.
Untuk apa harus mengetahui hal-hal tersebut?
setelah mengetahui tentunya akan kita gunakan dalam penyesuaian marketing strategy. Dari segi Produk misalnya Whooper akan sering digunakan untuk media promo, dengan sasaran promo misalnya mahasiswa dan disesuaikan dengan waktu yang kita pilih (ketika jam ramai atau justru ketika jam sepi). Dalam istilah lain hal tersebut sebagai senjata untuk menarik agar konsumen datang ke resto kita