Banyak pelajaran yang hingga hampir setengah tahun saya berada di iMARKS. Salah satunya mengenai teknik pengambilan data yang biasanya saya lakukan ketika penelitian saat kuliah dulu, ternyata makesense dengan aplikasi pada bisnis kuliner.
Disini saya belajar ada beberapa teknik pengambilan data bagi bisnis kuliner yang sering dipakai oleh iMARKS yakni :
- Data primer yakni lebih menekankan pada data pokok atau utama yang dimiliki oleh pihak kita sebagai pemilik bisnis. Pengambilan data dilakukan secara langsung misalnya : data konsumen dari pihak kasir
- Data sekunder yang merupakan data tidak langsung karena lebih pada data pelengkap saja atau dari beberapa pihak misalnya jurnal atau artikel mengenai 5 makanan paling diminati di kota A yang didapat, kemudian kita jadikan sebagai data kompetitor saat akan membangun bisnis kuliner
- Kuesioner, salah satu teknik yang sangat diminati karena bisa dilakukan secara online maupun ofline. Biasanya jika ingin mengetahui kualitas produk kita. Biasanya berupa pertanyaan yang nantinya akan kita sampaikan ke konsumen. Misalnya mengenai pengetahuan konsumen akan produk kita yang ternyata banyak diketahui dari instagram maka nantinya bisa dimaksimalkan aktivasi setiap kegiatan di instagram
- Wawancara, sama halnya dengan data sekunder teknik wawancara dilakukan untuk tambahan data yang dilakukan secara face to face sehingga lebih bisa mencari tahu data secara detail misalnya mengenai kekurangan dari produk makan bisa lebih mendalam data yang didapat
- Observasi, yakni pengamatan secara langsung pada sebuah objek. Dalam bisnis kuliner banyak dilakukan ketika melakukan observasi kompetitor. misalnya berapa banyak target market yang datang ketika weekday dan weekend.
- FGD, atau Focus Group Discussion yakni terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai. Yang dipimpin oleh satu moderator, biasanya membahas mengenai menu baru yang akan launching apakah rasa dan harga sesuai atau justru tidak sesuai
- Experimen yang lebih pada menguji. Dalam bisnis kuliner yakni menguji rasa misalnya konsumen ditutup mata dan tes rasa dari produk kita dan produk kompetitor dan dilakukan penilaian produknya
Nah, dari 7 teknik tersebuh bisa disesuaikan ingin menggunakan teknik yang mana
Silahkan dicobaa
Semoga membantu