A goal without a plan is just a wish.

Teman- teman sudah siap menantang tahun 2021? Apakah bisnisnya sudah memiliki perencanaan yang matang untuk pemasaran? Jika belum maka dengan secara sadar sedang membawa bisnis temen- temen ke zona keterpurukan. 

Tahun 2021 saya rasa tidak akan sama dengan tahun- tahun sebelum 2020 yang dimana tidak ada kontraksi yang sebesar ini dalam sejarah. Banyak hal baru yang akan terjadi di tahun 2021 yang bisa diadaptasi dari perjalanan tahun 2020 ini. 

Pemasaran menjadi sangat penting bagi para pebisnis, terutama tentang bagaimana caranya untuk tetap bisa mendatangkan konsumen baru dan menjaga para konsumen loyal. Karena menurut saya pendekatan di pemasaran akan menjadi sangat- sangat berbeda dari tahun- tahun sebelumnya, cara lama mungkin tidak akan relevan lagi di tahun 2021. 

Jika temen- temen yang saat ini sedang bergerak di bidang kuliner, dan sedang berpikir sangat perlu untuk merancang rencana pemasaran tahun 2021 tapi tidak tau dan belum paham bagaimana dan apa saja yang perlu dipersiapkan? jawabnya gampang, tinggal telfon iMarks saja untuk membantu. 

Goalnya sederhana : Membantu tim dan management untuk menyatukan pandangan terkait visi dan misi perusahaan yang telah dirancang dan bagaimana cara menggapainya. 

Setidaknya ada 2 outcome yang dihasilkan :

  1. Bisnis Model Canvas 2021, singkatnya adalah kita akan merancang peta untuk bisnis kita di tahun 2021 dalam 3 aspek management : Operasional, Finansial dan Pemasaran.
  2. Rencana pemasaran tahun 2021 yang disusun lengkap dalam 5 kaidah pemasaran

Dua outcome diatas akan menjadi tools untuk mempermudah teman- teman dalam menghadapi 2021, supaya bisnisnya tidak jalan awut- awutan lagi di tahun selanjutnya.

Salam Pertumbuhan!
Nicholas Ryan

Comments (0)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top