Bulan ramadhan menjadi salah satu bulan yang menjadikan sebuah bisnis kuliner menjadi sangat berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Sempat saya dengar dari rekan saya di kantor bahwa, salah satu kuliner A omzet menurun dan stabil. Kuliner B bahkan omzet bisa berkali-kali lipat dari bulan biasanya, seperti salah satu kuliner di Malang yakni Baegopa.
Sempat berbincang dengan salah satu pihak marketing Baegopa ketika take video review makanan. Beliau menjelaskan bahwa ketika bulan puasa memang akan sangat banyak pengunjung yang rela antri demi makan baegopa. Bahkan ketika buka jam 4 saat ramadhan, kuliner ini akan langsung diserbu oleh para konsumen. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ternyata rahasia adalah strategi yang mereka lakukan dalam mengembangkan bisnis.
Sedikit berbeda dengan kebanyakan wisata kuliner yang lain. Ketika bisnis kuliner sudah sesuai bahkan melebihi target omzet, maka kebanyakan akan mengekspansi outlet mereka dibeberapa wilayah lain. Namun, tidak dengan Baegopa. Justru mereka menutup dari beberapa outlet yang ada yakni Surabaya, Palu, Bali dan Malang. Hal tersebut sempat membuat booming masyarakat karena sangat menyayangkan keputusan pihak Baegopa. Namun, pihak Baegopa kemudian memberi sebuah angin surga bahwa kandang (sebutan outlet) akan tetap buka namun hanya di Malang. Disinilah mereka menyempurnakan kualitas rasa, tempat bahkan palayanan agar bisa menjadi lebih baik lagi. Selain hal tersebut alasan lain adalah agar mereka mengetahui pelanggan setia Baegopa sendiri. Faktanya, banyak pelanggan dari wilayah surabaya, sidoarjo rela datang ke Malang hanya karena mencicipi makanan baegopa.
Hal tersebut sebenarnya, membuat saya semakin berpikir bahwa sebuah strategi market ternyata harus benar-benar dipikirkan agar usaha bisa berkembang. Seperti pada pengalaman bakso raket di Tangerang yang mana client dari rekan saya bekerja yang memiliki strategi dalam mengundang influencer untuk datang ke outlet mereka. hal tersebut mampu terbukti meningkatkan konsumen. Lantas, apa strategi apa yang sekarang kalian miliki untuk meningkatkan omzet ? boleh di share di komen
hehehehe