setiap event besar ataupun kecil pasti membutuhkan dana yang cukup besar, salah satu cara untuk mendapatkan dana itu yaa dari sponsorhip ke suatu perusahaan.
dengan memberikan sponsor ke pihak event, perusahaan ini akan mendapat imbal balik seperti
1. membangun brand equity
Membangun Brand Equity itu sangat penting. Yang dimaksud dengan Brand equity adalah adalah nilai yang menggambarkan seberapa kuatnya atau seberapa terkenalnya sebuah merek. Sponsorship akan memberikan tambahan nilai kepercayaan dan loyalitas konsumen terhadap produk tersebut.
2. Mendukung program komersial yang sedang berjalan
Sponsor yang bertujuan commercial programme adalah bahwa sebuah perusahaan mensponsori suatu program lain dengan tujuan untuk menjalankan aktifitas promosi yang diperlukan yang sedang dijalankan, untuk kepentingan perusahaannya serta untuk mendukung kegiatan promosi mereka sendiri melalui upaya komunikasi pemasaran yang terpadu.
3. Beriklan secara tidak langsung
Sadar tidak sadar, saat kita melihat nama brand yang tertera sepanjang event, itu tandanya kita sudah terkena efek iklan dari sponsorship. Beda dengan iklan televisi, atau billboard. Disana iklan benar-benar berupa iklan, kita bisa men-skipnya. Lain hal dengan sponsorship, kita tidak bisa men-skip iklan tersebut
4. Membangun Brand Awareness
Disamping untuk membangun dan meningkatkan citra merek atau perusahaan, dan juga untuk memperkuat keakraban merek produk di masyarakat dalam jangka pendek, tujuan utama dari sponsor adalah untuk membangun kesadaran merek bagi produk dalam jangka panjang.
Habibil Mila
PT. Fortuna iMARKS Trans