\"\"

Kala itu 14 Desember 2020 pertama kalinya saya menghubungi Kak Era. Salam sapa saya lemparkan kata itu di chat Whatspp pertama. Terbalaslah salam itu dengan hangat oleh kak Era. Goal komunikasi yang terjadi saat itu adalah konfirmasi tanggal pertemuan dan lokasi tempat untuk diskusi prihal Bakso Rudal. Lokasi yang dipilih waktu itu adalah Kedai Jumini. Lho bahas Bako Rudal koq di Kedai Jumini! Ternyata Bakso Rudal merupakan evolusi dari Kedai Jumini, valid informasi didapatkan dari Agen 007 Dearnawan.

Esoknya, hari ketemuan tanggal 15 Desember 2020 cuaca sangatlah syahdu. Panas cahaya matahari tidak bisa dirasakan. Terselimuti awan dengan merata. Pada saat jam meeting yang dijanjikan semakin dekat, maka turunlah hujan dengan deras. Beruntungnya ada mobil yang bisa dipakai untuk keberangkatan dari kantor iMARKS menuju Bakso Rudal. Memposisikan diri di kursi kemudi. Kunci saya putar. Gas ditekan, jalanlah mobil secara perlahan.

Belum pernah kami (saya dan pak Faizal) ke lokasi, kami sanksi akan tempat parkir dan mutar mobil. Lokasi di Tlogo Indah, depan bendungan yang jalannya sempit dan menurun tajam. Susun rencana kami berpikir parkir di Indomaret terdekat dan jalan ke lokasi. Sebelum rencana dijalankan, ada inisiatif dari pak Faizal untuk jalan lebih dulu ke lokasi, alias survey. Menanti di mobil menunggu kabar pak Faizal, saya konfirmasi ke kak Era kalau sudah di area dekat lokasi.

Yep, akhirnya dapat kabar mobil bisa masuk dan terdapat parkiran yang luas di halaman bakso Rudal. Kami turun, dan dengan ramah tim Bakso Rudal menyodorkan menu. Minuman yang kami pilih sama kala itu, yaitu es tempo dulu (arek2 jadul). Saya tidak makan, namun pak Faizal memilih untuk memesan mie. Kami santap menikmati sambil menanti kak Era datang. Saat itu kak Era agak terlambat karena ada mendadak tamu yang harus dijamu.

Kak Era datang dengan membawa temannya pak Sulthon. Dan ternyata pak Sulthon ini sebelumnya sudah pernah ngetrail bareng pak Faizal. Saling kenal dari grup Coach besutan Coach Fahmi. Bincang-bincang nostalgia prihal masa lalu, lalu lanjut masuk kedalam sesi konsultasi. Awal agenda sesi konsultasi satu jam, namun dengan keterlambatan dan melihat perbincangan, saya yakin pasti akan jadi lebih waktunya.

\"\"

Sesi diawali dari cerita kak Era terkait dengan situasi dan kondisi Bakso Rudal. Saya tidak sebut data-data rahasia ya, kami menjaga data-data klien kami. Cieeee…. Yup terkait dengan etika. Balik ke topik, setelah kelar cerita dari kak Era dilengkapi cerita dari pak Sulthon maka tahap penjelasan kami mulai dari:

  1. Buku Menu sekaligus perbaikannya. Menu mana yang perlu ditonjolkan. Pelanggan tidak membaca namun menscan buku menu. Menu mana yang favorit, dan bagaimana menata buku menunya.
  2. BMC (Bisnis Model Canvas). Urutan cara mengisi. Bagaimana penjelasan mengisinya. Modifikasi penambahan BMC.
  3. Penjabaran Omset ke Profit. Pembagian persentase ideal antara Gaji, Oprasional, Marketing dan Profit.
  4. Tips pembagian dana marketing. Dana marketing dari prosentase omset yang mau dicapai. Cara membagi dengan sistem 10 harian.
  5. Cara dan pentingnya data konsumen. Menyiapkan buku tamu dan cara melakukan Follow up atau mengolah data konsumen.
  6. 5 kaidah pemasaran. Yap paham kan 5 itu apa saja?

Secara garis besar 6 pembahasan itu. Kami berikan sharing cara mengisi dan mengaktivasi 6 pembahasan tersebut. 2 jam waktu yang diperlukan untuk sesi saat itu. Senang rasanya ketika saya bisa melihat orang-orang yang pada saat itu hadir sejalan untuk belajar terkait dengan marketing. Cukup enak suasana saat itu, belajar bareng dengan sound rintik air hujan.

Bagian saya adalah meresume dan mengisi dibagian akhir. Bagian akhir terkait dengan penjelasan layanan iMARKS grup dan penyesuaian kebutuhan Bakso Rudal dengan iMARKS.

  1. Agenda sesi kedua dari paket konsultasi yang diambil Bakso Rudal
  2. Paket layanan Siap dari iMARKS yang bisa menjawab kebutuhan akan peningkatan omset. Paket layanan bergaransi 50% dari iMARKS untuk mendapatkan 30% peningkatan omset

Mari nantikan pertemuan sesi kedua. Dan nantikan cerita saya berikutnya.

Handy Priyanto Utomo

Salam Pertumbuhan

iMARKS

Comments (27)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top