September ceria
September ceria
September ceria
September ceria milik kita bersama

Ini salah satu lagu yang identik dengan bulan september versi lokal yang dinyanyikan oleh Vina Panduwinata, kalau versi dari US ada Green Day dengan salah satu lagu andalannya, Wake Me Up When September End. Mungkin yang paham dengan lagu- lagu ini sekarang sudah umuran 25 ke atas ya …

Oke, ini jadinya bahas lirik lagu atau apa nih? Ashiap, sambil santai kali ini kita akan bahas tentang hubungan identik dengan Marketing. Identik, kenapa kok harus identik, apa sih identik itu, terus apa hubungannya dengan marketing??? , oke oke kita bahas satu per satu …

Jadi identik itu menurut KBBI adalah sama benar, tidak berbeda sedikit pun. Tapi difinisi identik bisa juga diartikan dengan menunjukan apa yang paling khas atau paling berkesan dan diingat orang mengenai sesuatu.

Dalam kasus kali ini maka kata \”identik\” perlu disematkan dalam bisnis kita. Tujuannya ya agar orang/ konsumen kita memiliki kesan tersendiri terhadap bisnis kita. Terkadang kita memiliki sebuah model bisnis/ produk yang sudah bagus dan unik , tapi terkadang gagal untuk menyampaikan pesan sehingga kata \”identik\” ini tidak sempat tersematkan pada bisnis kita, biasanya sih soal konsistensi , yang lain .. cari tau sendiri ya

Oke jadi pentingnya menyusun suatu program agar bisnis kita tersemat kata identik ini agak susah- susah gampang, kuncinya adalah paham akan product knowledge, mana yang menjadi kekuatan mana yang menjadi peluang dan mana yang kurang, yang kemudian dari keseluruhan itu disusunlah dalam suatu pesan yang solid bahwa bisnis kita itu unik bla bla bla …

Biar gampang nih, langsung dikasih contoh aja nih..

  1. Buat yang di Malang, kalo denger kata Ayam Goreng Nelongso pasti keinget dengan \”24 Jam\” , \”11 Varian Sambal\” , apalagi ?
  2. Buat yang di Samarinda, kalo denger kata Roti Gembong Juanda pasti langsung inget dengan selainya yang sampe tumpeh- tumpeh, varian rasa selai, apalagi ?
  3. Buat yang di Surabaya dan sekitarnya, kalo denger kata Lazizaa pasti langsung inget dengan Makan Ayam Rame- rame, karena rame- rame lebih hemat dan asyik ,, yakan ? terus apalagi nih ?
  4. Buat yang suka kongkow nih, kalau denger kata Warunk Upnormal pasti langsung keinget \”Oh tempat nonkrong\”
  5. Terus kalo denger kata KFC pasti langsung keinget \”Jagonya Ayam\”

Dan masih banyak contoh yang lainnya, ini adalah salah satu cara agar konsumen bisa mengenali bisnis kalian dengan lebih mudah. Jadi implementasi paling mudahnya adalah dengan menyematkan tagline pada logo atau setiap pesan. Jadi disini menjadi tugas tim marketing bersama jajaran management untuk membuat sebuah kalimat pesan atau yang biasa kita sebut dengan tagline. Hal yang sedang dibahas ini lebih berorientasi kepada Branding atau bagaimana kita membentuk presepsi di mata konsumen.

Salam
Nicholas Ryan

PT Fortuna iMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top