Bulan april kemarin, masih terlekat diingatan saya ketika rapat dengan atasan mengenai satu client di Malang, yakni Maarif Chicken. Pembahasan dimulai mengenai revenew stream. Ternyata salah satu hal fatal yang saya lupakan setelah bulan april diberikan amanah pada client tersebut.
Yak !
Ternyata, revenew stream merupakan sumber-sumber pendapatan dari sebuah bisnis. Sehingga, setiap pelaku usaha sebenarnya wajib mengetahui darimana sumber dana bisa diperoleh dalam setiap usaha mereka. Maarif Chicken contohnya, keberadaanya di sebuah instansi kampus di Malang. Setelah mengetahui sekmen market, dan diidentifikasi dari data-data di lapangan ternyata revenew stream terbagi menjadi 2 jalur yakni ; big order dan dine in. Big order terbagi lagi menjadi dua hal yakni : meeting yang fokus pada ranah vertikal yakni ranah rektorat, dekanat, unit dan lembaga yang ada di instansi tersebut. Selanjutnya berada pada ranah horizontal yakni ranah mahasiswa termasuk HMJ, UKM dan jajaran BEM. Jalur yang kedua ialah dine in di kantin kampus tersebut.
Dari kedua jalur tersebut, saya dapat banyak pelajaran bahwa keberadaan revenew stream dari sebuah bisnis harus diketahui dari awal. Disitulah langkah awal strategi dan mengetahui strategi apa yang bisa dikerjakan dahulu. Termasuk dalam hal ini pengaturan berapa % dana marketing yang akan digunakan yang nantinya akan mengaruh pada omset dan profit dari usaha kita !
Sekian sedikit ulasan mengenai study kasus dari saya !
Yes! Pastikan tahu strategi-strategi apa yang akan kita gunakan dari revenew stream usaha anda J