Promonya apa?
Sebuah tanya yang panjang urusannya dan lebar dampaknya.
.
Sam, promo apa yang paling efektif untuk mendongkrak penjualan bisnis kuliner?
Nah! Ini adalah pertanyaan khas, hanya orang-orang tertentu yang punya kapasitas dan kemampuan untuk mengajukan pertanyaan ini. Ini adalah pertanyaan khas orang yang malas, malas mikir dan malas memperdalam pemahaman, dan percayalah, di luar sana yang model begini banyak jumlahnya 😘, cuman dari pengamatan, yang cepet sukses justru yang males mikir model begini, wkwkwk
.
Bicara promo memang bicara tentang apa penawaran spesial yang diberikan. Apa yang khusus dan berbeda dari biasanya?
.
Kata Guru Saya, orang beli itu karena 3 hal, yakni : Kebutuhan-Keinginan-Kemauan x Kemampuan x Keputusan. Maka peluang besar jika produk yang kita sediakan merupakan pemenuhan atas kebutuhan-keinginan-kemauan dari konsumen, kemampuan atau daya belinya sesuai, dan sang konsumen mengambil keputusan untuk membeli di tempat kita.
.
Promosi letaknya dimana? Promosi pada dasarnya adalah upaya kita sebagai penjual mempengaruhi pembeli untuk mengambil keputusan segera dan melakukan transaksi dengan kita. Katalisnya? Penawaran spesial yang istimewa.
.
Secara umum, ada 5 bentuk Sales Promotion Program yang dapat dipertimbangkan dan diterapkan sesuai dengan segmen market dan tujuan yang ditentukan, kelimanya adalah : Free Sample, Discount, Bonus, Merchandise, Prize. Pemahaman mendalam mengenai hal ini membuat kita jadi lebih lincah dan leluasa menyusun taktik. Ingat ya, promosi tidak melulu diskon dan diskon ya…. 😘😘😘
.
Tips sederhana agar program promosinya tokcer, perhatikan 3 hal penting : yang pertama, pastikan penawarannya istimewa, yang kedua, pastikan penawaran tersebut berbatas waktu dalam periode tertentu, dan yang ketiga, pastikan ada tema atau alasan kenapa promo tersebut dibuat.
.
Dalam diskusi dengan klien, para LaperPreneur, promosi ini kami sebut sebagai Campaign, yang nantinya memandu pembuatan Content untuk mengkomunikasikan promosi yang disepakati. Content bisa sangat kreatif dan out-of-the-box, apalagi saat melibatkan anak-anak milenial yang banyak akal. Proses yang tidak kalah penting berikutnya adalah Activation. Percuma Campaign nya bagus, Content nya kreatif, tapi Activation nya memble, rugi udah terlanjur mikir dan mbikin, jadi jangan nanggung dalam aktivasi, daripada ngirit tapi malah gigit jari.
.
Karena barangsiapa punya segmen market, tapi segmen marketnya nggak tau bahwa bisnis kuliner Anda ada, maka niscaya kesalahan ada di pihak penjual, kok bisa? Jadi selama ini Anda ngapain aja? 😘😘
.
Salam Pertumbuhan!
Faizal Alfa
PT Fortuna iMARKS Trans
Marketing Development Partner