Saat kelas IMC (Intelegency Marketing Class). Sering kali membahas mengenai tahap awal dari sebuah bisnis kuliner,

diibaratkan membangun sebuah rumah impian, tentu tidak akan lepas dari sebuah pondasi. Pondasi merupakan komponen utama dalam sebuah struktural pada sebuah dasar dari bangunan atau dalam hal ini adalah rumah yang akan kita bangun. Layaknya  dasar atau pondasi dalam 6 jurus marketing developmen yang akan banyak dibahas dalam buku ini, yakni Profiling.

Secara mudah, profiling dalam marketing bisnis kuliner lebih pada pertanyaan “kamu jualan untuk siapa?”. Sehingga sederhananya profiling lebih pada pembahasan mengenai konsumen yang menjadi sasaran bisnis kuliner atau biasa disebut dengan market. Disinilah yang nantinya akan mempengaruhi sikap dalam marketing karena terkait dengan pelaksanaan program marketing yang akan kamu rancang. Sikap dalam marketing yang banyak ditemui di beberapa klien tersebut ada 3 yakni pasif, aktif dan agresif.

  1. Pasif marketing yakni lebih memilih untuk menunggu atau dalam bahasa millenials yakni pasrah. Biasanya sikap seperti ini terjadi ketika klien belum mengenal program marketing, merasa bahwa semua orang sudah mengetahui bisnisnya. bahkan jarang yang memiliki team pelaksanaan marketing.
  2.  Aktif marketing yakni sikap mengajak orang agar bisa datang ke sebuah bisnis kuliner. Sering kami temui ketika sebuah bisnis sudah settle dari segi target omzet setiap bulannya namun tetap melakukan program marketing baik online maupun offline sehingga orang akan tetap aware pada bisnisnya. 
  3. Agresif marketing dalam artian mengajak dan menyeret orang agar segera datang ke bisnis kulinermu. Hal ini merupakan salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh klien kami ketika membuka outlet yang baru. Perlu adanya treatmen khusus agar orang aware dengan bisnis kita. Biasanya lebih meningkatkan ads atau iklan. Bisa dengan influencer dll sehingga tak jarang melihat banyak klien sengaja memberikan budget khusus agar produk segera dikenal dan orang bisa datang ke bisnis kuliner.

Profiling merupakan dasar dari sebuah langkah marketing developmen khususnya pada bidang kuliner. Sehingga, yang perlu di garis bawahi disini bahwa profiling tidak meningkatkan omzet. Profiling, yang menjadi dasar sehingga setiap bisnis kuliner wajib mempunyai data dasar tersebut. Data tersebut yakni Prime Points, Observasi Market dan Observasi Competitor yang akan dibahas secara dalam artikel selanjutnya J

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top