Sekali waktu, sempatkanlah menikmati lezatnya sajian para penghuni laut di Djajan Seafood Tangerang, jangan kaget Zubaedah, kalau disana sajian makanannya digelar di atas meja. Konsep gelaran memang jadi andalan di restoran ini, yang kemudian di inovasi lagi dalam bentuk sajian paket berlayar, yang memberi sensasi makan dengan sajian di atas kapal kayu.

.

Satu masa, mampirlah ke Palu, cicipilah Radja Penyet Mas Fais, jangan kaget Markonah, kalau disana nasinya disajikan bukan dalam bentuk cetakan cup, namun tinggi menjulang, seperti tumpeng mini. Setiap konsumen disajikan tumpeng mininya sendiri, so personal.

.

Balik ke Ibukota Jakarta, singgahlah ke Bakso Raket. Jangan takjub Maemunah, kalau disana baksonya disajikan dalam piring datar logam berbahan baja tahan karat, dengan kuah ditampung di mangkok kecil di tengah piring. Mie, pentol, dan sayurnya mengawal di sekitar kuah, jadi ingat penyajian dalam kultur India.

.

Pergi ke Malang? Pijakkan kaki di Ayam Goreng Nelongso. Jangan terkesima Romelah, karena disana sambalnya boleh nambah biar makin huhah. Tak cukup sejenis, ada 10 macam sambal yang kalau berlebihan ambil bisa bikin nafas tersengal.

.

Ke Samarinda? Bawa diri ke Roti Gembong Juanda. Jangan mudah terpana Hamidah, karena disana produk rotinya yang enak, masih disiram dengan selai lezat yang porsinya memang dibuat banyak, sampai tumpah-tumpah, berlepotan cemang cemong. Sampai muncul akal beli 1 varian cokelat, dan 1 varian original, karena varian originalnya bahkan masih pantas di cocol dengan varian cokelat yang sudah dibeli sebelumnya, mencengangkan.

.

Jadi, ayo sini kumpul semua, Zubaedah, Markonah, Maemunah, Romelah, dan Hamidah, setelah jalan-jalan keliling Indonesia, tahu ya apa beda yang dirasakan di masing-masing outlet kuliner yang dikunjungi? Yap! Proses yang berbeda yang kemudian memicu experience atau pengalaman yang berbeda. Ini adalah faktor penting yang menjadi diferensiasi, apa sih pembeda antara outlet kita dengan outlet pemain lain.

.

Di SayapGrak di Malang, Kalau Anda datang, maka seketika Kasir akan menyapa dengan semangat kuat : Masuk Markas! Dan kemudian segenap pasukan akan menyahut : Selamat Datang Komandaaan! Dengan nada seperti anak TK menyapa gurunya. Hal yang sama dilakukan saat keluar dari markas, kasir akan memberi kode : Keluar Markas! Dan segenap pasukan akan menyahut : Terima Kasih Komandaaaan! Proses yang dinikmati, menjadi pengalaman yang dicari.

.

Masuk Indomaret atau Alfamart, apa sapaannya?

.

Ada proses yang membuat beda, meskipun sederhana.

.

Pelayanan di outlet kami cepat! Sebuah janji yang normatif dan bias, karena outlet sebelah juga punya janji yang sama. Misteri ini dipecahkan dengan cerdas oleh Ayam Goreng Nelongso dengan program Garansi pelayanannya. 30 menit makanan diterima sejak dipesan, atau GRATIS! Sebuah solusi proses yang simpel, mengena, dan mengurai begitu banyak potensi orang bertikai.

.

Proses yang beda akan dicari, nagihi, dan bikin pengen lagi dan lagi. Menariknya, memberikan nilai tambah dalam proses yang dijalankan di outlet kita, seringnya tidak memerlukan sesuatu yang ribet dan kompleks. Yang diperlukan adalah keputusan yang solid, instruksi yang jelas, panduan yang lugas, dan disiplin dalam pelaksanaan. Gampang kan? Enggak juga sih, yang pernah berkecimpung di bisnis kuliner pasti akan mengangguk-angguk.

.

Jujur saja, dalam realita, terutama di lapangan, tidak sering kita mendapatkan kru yang siap kerja, siap tempur, punya kompetensi dan mumpuni. Adapun tersedia, kita yang belum kuat bayar ongkosnya. Akhirnya, ya sudahlah siapa yang ada siapa yang mau.

.

Maka dari itu, setiap tambahan proses, adalah sebuah tantangan dan patut mendapat perlawanan balik dari kru. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah : Kenapa Kami perlu melakukan itu? Anggap mau melakukan pun, kedisiplinan dalam menjaga standarnya juga jadi isu tersendiri, seminggu pertama melakukan, karena tidak ada pengawasan, pekan kedua ngowos begitu saja seolah tidak terjadi apa-apa. Pernah mengalami? Lalu owner marah-marah dengan kalimat saktinya : Pokoknya! Saya Nggak Mau Tahu! Kan Sudah Pernah Saya Bilang! Dan kalimat khas owner lain dalam beragam variannya.

.

Proses yang ditambahkan seringkali sederhana, kalau perlu sesederhana mungkin, dan diinstall secara gradual atau bertahap. Kalau kurang ya ditambahi, kalau kebanyakan ya dikurangi. Katanya Vetty Vera, yang sedang sedang saja. Kalau jaman kita sama, pasti faham Vetty Vera itu siapa.

.

Akhirnya, kalau ke Ayam Goreng Nelongso, Anda akan menemui Kasir yang pasti perempuan, dan kalau Anda laki-laki akan dipanggil dengan sapaan mas Ganteng, jika Anda perempuan akan dipanggil dengan sapaan mbak Cantik, apapun rupa dan kondisi Anda. 😘😘😘

.

Proses berjalan…..

.

Salam Pertumbuhan!

Faizal Alfa

PT Fortuna iMARKS Trans

Marketing Development Partner

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Subscribe to get 15% discount