Pada tulisan sebelumnya kita bahas tentang Baso Aci Yummy yang menjadi satu- satunya Baso Aci yang beda dari yang lain. Ada 2 cara saat ini kita bisa menikmati baso aci, yang pertama tentu langsung order melalui resto dan yang kedua adalah lewat para reseller yang menjual baso aci dalam kemasan instan.

Jika diamati dengan diferensiasi yang diambil maka Ciomy mengambil cara kedua agar baso acinya bisa sampai di End User. Jika mengambil cara pertama maupun kedua tentunya sudah banyak pemain baso aci yang lain, maka diperlukan suatu pembeda agar baso aci ini mendapat persepsi yang memang berbeda dari baso aci yang lain.

Secara singkat sudah dibahas pada artikel sebelumnya tentang diferensiasi baso aci yummy ini. Praktis, Cepat, Hangat, Lezat dan Bisa dibekal menjadi point diferensiasi dengan kompetitor yang lain.

Benchmark eksternal , kami melihat beberapa brand yang dimana secara konsep bisnis modelnya bisa dibilang 11 12 dengan konsep yang akan diusung berdasarkan diferensiasi yang diambil.

Dari hasil benchmarking tadi, kami menemukan langkah- langkah strategis dalam marketing communicationnya. Menurut Marketeers, website ulasan artikel MarkPlus, beberapa strategi brand positioning ada pada penguatan komunikasi ada pada 3 hal, yaitu frame of reference, yaitu bagaimana kita menyampaikan brand ini masuk dalam kategori tertentu dan yang kedua adalah reasons to believe, alasan mengapa customer harus membeli baso aci yummy ini. Yang ketiga adalah diferensiasi yang sudah kita bahas di aetikel sebelumnya.

Penguatan di 3 hal, frame of reference, diferensiasi dan reason to believe secara tekun dan konsisten akan membantu brand positioning cepat diterima dan tertanam dibenak market.

Nicholas Ryan

PT Fortuna iMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top