PitStop Kuliner
Hah? Kuliner ada pitstopnya? Bukannya itu istilah dalam balapan?
Ya! Benar!
Pitstop itu apa sih?
pit stop adalah tempat kendaraan balap berhenti di pit saat balapan untuk pengisian bahan bakar, penggantian ban baru, perbaikan, penyesuaian mekanis, perubahan pembalap, menjalani hukuman, atau kombinasi di atas.
Pitstop erat kaitannya dengan proses berhenti cepat, yang memberikan dampak kepada kendaraan agar melaju lebih cepat.
Rekor pitstop dunia pada ajang balap F1 yang diselenggarakan di Brazil, diraih oleh Red Bull yang berhasil memecahkan rekor pit stop dengan hanya memerlukan waktu sekitar 1,82 detik saja untuk melakukan pit stop kepada Max Verstappen.
Saat pitstop, paling tidak ada 3 hal utama yang diterapkan pada mobil balap, yakni : pengisian bahan bakar, penggantian ban, dan penyesuaian aerodinamis mobil. Terinspirasi dari hal tersebut, maka pitstop kuliner hadir.
Dalam dunia bisnis kuliner, ada 3 fungsi pekerjaan utama yang perlu mendapat perhatian khusus, yakni fungsi marketing, fungsi operasional, dan fungsi finansial. Nah, dalam pitstop kuliner, 3 hal ini juga yang digarap dalam konsep acaranya.
Jadi, pitstop kuliner merupakan suatu acara, yang mengajak pelaku usaha kuliner untuk berhenti sejenak, melakukan beberapa tindakan terhadap bisnis kulinernya, dan kemudian melaju tanpa ragu, untuk menjadi pemenang dalam perlombaan.
iMARKS mengambil peranan dalam aspek pemasaran. Jadi, jika dianalogikan dalam pitstop di balapan, maka, penggantian ban adalah marketing, penyesuaian aerodinamis adalah operasional, pengisian bahan bakar adalah finansial.
iMARKS berperan dalam pemasaran, iPOS memberikan insight dari sisi finansial, dan penyelenggara acara menggandeng praktisi pelaku usaha kuliner untuk memberikan insight dari sisi operasional.
Pitstop kuliner digelar di akhir tahun dan awal tahun, agar dapat berperan memberikan muatan pada pelaku bisnis kuliner untuk mereview pencapaian di tahun ini dan memiliki rencana yang akurat untuk tahun berikutnya.
Pitstop kuliner terbuka dan dapat diikuti oleh para klien iMARKS, iPOS, dan peserta umum yang telah mendapatkan slot untuk mendaftar. Pesertanya sangat terbatas dan diseleksi. Semoga usaha kuliner Anda termasuk dalam daftar peserta.
Salam Pertumbuhan!
Faizal Alfa
Direktur PT Fortuna iMARKS Trans
Konsultan Pemasaran
www.imarks.co.id
Pit Stop, berhenti untuk melaju kencang
selalu keren