Kalau sudah baca artikel yang part 1, itu semua adalah pengantar dan pengertian dari apa yang akan kita bahas pada chapter pertumbuhan horizontal ini. Penjelasan di artikel sebelumnya harapannya bisa menjadi “Wake Up Call” untuk para LaperPreneur untuk segera melakukan ekspansi, karena jika bisnis temen- temen LaperPrenuer tidak segera melakukan ekspansi bukan berarti konsumen akan berhenti makan, tapi competitor kalian yang akan mengisi ruang kosong ini dan siap bertengger dengan gagah di singgah sana. Kemudian setelah paham akan pola pikir pertumbuhan horizontal ini maka selanjutnya adalah bagaimana cara penerapannya, sebelum membahas lugas tentang cara penerapannya, dalam pembahasannya akan saya sisipkan studi kasus agar membahasnya bisa lebih mudah.

Dalam pembahasan Pertumbuhan Horizontal ini akan dibagi menjadi 3 bagian,

  1. Road to Scale up
  2. Analisa 3C (Customer, Company & Competitor)
  3. Perencanaan RAB

Point 1 #RoadToScaleUP  tadi sudah dibahas diawal sebagai pengantar sekaligus sebagai pola piker dalam pengembangan dan pertumbuhan bisnis kuliner. Hal selanjutnya jika temen- temen Laperprenuer sudah mengerti dan paham akan pola piker road to scale up, hal selanjutnya kita analisa tentang 3C. Tahap ini adalah tahap pengujian sebuah ide, langkah yang akan diterapkan ditempat yang baru. Analisa sederhana ini bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan tanpa memiliki tim atau men-hire tim analisa untuk melakukannya. Analisa 3C ini dilakukan setiap kali ingin menancapkan outlet terbaru di suatu tempat, tidak hanya setiap akan buka outlet baru tapi juga untuk bisnis yang belum mulai sekalipun. Selain melakukan analisa, tahap ini juga bisa digunakan untuk test the water alias menguji apakah langkah yang diambil ini mengandung potensi.

Biar bahasnya bisa lebih utuh, tunggu di artikel selanjutnya ya, khusus membahas 3C

Salam,
Nicholas Ryan

PT Fortuna iMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top