Persiapkan 5 Hal
.
Suatu hari, Saya berkesempatan ngetrail bareng owner Roti Gembong Juanda : Juni Ananda di jalur Malang Bromo. Benarlah kata pepatah, success is a journey, not a destination. Layaknya orang ngetrail, yang dinikmati bukan sekedar sampainya di lokasi Bromo. Bukan sekedar foto-foto di Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, atau Melongok Kawah Bromo dengan kepulan asapnya. Berangkat naik angkutan hard-top juga beres, nyampe juga disana, di jalan bisa tidur sambil memimpikan usahanya meningkat pesat, jumlah cabangnya berlipat.
.
Ngerti, bahwa memilih jalan petualangan, naik motor trail. Minimal ya menyiapkan 5 hal lah. Mulai dari tujuan trailnya kemana? Lalu yang berangkat siapa saja? Kemudian kendaraannya berapa unit dan perlengkapan penunjangnya mulai boot, gloves, helmet, dan googles. Penting juga menyusun rundownnya, berangkat dari mana jam berapa, check point dimana, sampai Bromo jam berapa sambil makan mie instan tambah telur disana, daaan, menyiapkan uang di dompet untuk keperluan selama perjalanan.
.
Simpel, dan sudah terpaparkan sebenarnya apa yang diperlukan untuk sebuah Marketing Development Program, terpantau nggak dari analogi di atas? Agar mudah, sebut saja T4B. Apa itu? Inilah yang jadi asupan bernutrisi dan jawaban atas doa doa para pelaku bisnis yang mau mulai serius menggarap program marketingnya :
.
T4B :
1. Target, yang diperdalam pembahasannya di : Omzet, Traffic, dan Release
2. Team, yang dikupas lebih detal dalam : Posisi, Sumber, dan Kompensasi
3. Tools, yang dijelaskan dalam kerangka : Acquisition dan Loyalty
4. Timeline, yang memuat : Program dan Checkpoint
5. Budget, yang dialokasikan dengan acuan : Mode, Product, Activation
Ini yang perlu disiapkan. Maksudnya, kalau masing-masing sudah ada, ya dioptimalkan, meski Saya tahu, kebanyakan masih dalam mode : wacana. Saya udah kepikiran, Saya sudah pernah dikasih tahu, tapi kalau tidak pernah ada dan siap, ya wakanda-forever namanya.
.
Kalau belum ada? Ya disiapkan secara bertahap hingga lengkap. Mayoritas klien iMARKS di 10 an propinsi yang ditangani saat ini, ketika bersalaman sepakat kontrak dengan kami, dalam posisi belum punya elemen-elemen tersebut, dan justru berharap dengan sinergi ini, jadi mendapat panduan benar, dalam mempersiapkan timmya. Inilah uniknya Buku S3 Marketing, runtut dan mudah dipahami, tapi sambil disiapkam laah, jadi ketika salaman sama iMARKS nantinya, lebih cepat lajunya 😇👍

Comments (1)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top