Holaa genks! Gimana liburannya ? Apakah pengeluaran selama liburan sesuai dengan rencana kalian ? Atau malah melebihi budget yang sudah direncanakan ? Bagi yang belum tau tentang budgeting, yuk simak sedikit penjelasan berikut ini.

Penganggaran atau budgeting merupakan rencana pengeluaran serta sumber pendapatan yang diharapkan dapat membiayai pengeluaran tersebut dalam jangka waktu tertentu. Dalam pengertian akuntansi, penganggaran juga berarti membandingkan antara rencana pengeluaran dengan pengeluaran aktual. Teknik budgeting dimulai dengan menentukan berapa nilai anggarannya, pengalokasiannya, dan jangka waktu penggunaannya.

Budgeting berguna untuk menghadapi beberapa masalah yang mungkin terjadi di masa depan. Adanya ketidakpastian di masa yang akan datang serta banyaknya alternatif pilihan di masa depan akan mempengaruhi keuangan kita. Budgeting dapat menjadi pedoman serta alat control dalam melakukan pengeluaran. Dengan melakukan perencanaan kita dapat menyusun mulai dari pengeluaran yang paling penting hingga berapa anggaran yang harus disishkan untuk tabungan. Seluruh kegiatan yang direnanakan harus dihitung dengan satuan moneter agar dapat disesuaikan dengan jumlah pendapatan.

Budgeting bukan berarti nilai riil dari suatu pengeluaran. Budgeting dapat dirancang menggunakan nilai taksiran berdasarkan pengalaman di masa lampau. Di akhir periode yang ditentukan, perlu adanya laporan dan analisa apakah pengeluaran aktual sesuai dengan perencanaa. Hasilnya dapat divaluasi dapat dapat dijadikan salah satu acuan untuk membuat budgeting berikutnya.

Gimana genks ? udah kepikiran buat bikin budgeting ? Liburan atau beli barang mahal sah-sah saja, asal tidak menjadi beban dikemudian hari 🙂

Malang, Januari 2020

PT. Fortuna iMARKS Trans

Lintang Januari

Tags: Insight

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top