Pemilihan warna buat desain konten di instagram itu sangat penting karena akan sangat mempengaruhi impresi yang berbeda pada setiap orang. Menurut riset customer akan lebih mengenal brand dengan mudah yaitu dari warna yang khas dari brand tersebut. Dan warna juga bisa mempengaruhi psikologis yang dia lihat. Nah warna ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu hangat (merah, oranye, kuning) dan dingin (biru, hijau) pemilihan warna untuk kuliner sendiri lebih dominan di warna hangat seperti merah dan kuning.
Berikut beberapa referensi warna yang bisa digunakan dalam mendesain konten kuliner
1. MERAH
warna ini adalah warna yang sangat kuat karena mampu menarik perhatian, memberi sugesti untuk bersemangat, dan dapat menambah nafsu makan. Bisa digunakan untuk semua jenis kuliner, tapi juga perlu untuk disesuaikan.
2. KUNING
Warna ini memiliki makna hampir sama dengan merah yaitu menarik perhatian dan juga mencolok. Kuning juga memiliki makna yang ceria, segar, dan memberi sugesti yang bahagia bagi yang melihatnya. Umumnya warna ini digunakan dengan menggabungkannya dengan merah juga oranye. Dan sering digunakan untuk produk snack, atau makanan untuk anak-anak.
3. ORANYE
Warna ini penggabungan merah yang semangat dengan warna kuning yang ceria, membuat oranye ini penuh dengan semangat dan keceriaan. Warna ini bisa digunakan untuk gradasi di merah atau kuning, lebih sering digunakan untuk produk minuman karena memiliki warna yang segar seperti jeruk atau bisa juga untuk makanan yang memiliki varian jeruk.
4. BIRU
Biru merupakan warna yang mudah diingat yang menggambarkan langit dan laut. warna biru jika diterapkan untuk kuliner memiliki sifat untuk mengkomunikasikan rasa yakin, konservatif, stabilitas, dan rasa aman. Warna ini sering digunakan untuk produk minuman, makanan seafood dan yang memiliki varian mint.
5. HIJAU
Warna ini memberi makna ketenangan, kesegaran dan juga kesehatan. Warna ini lebih sering digunakan untuk produk yang mengarah pada healty food, varian mint, minuman, dan produk yang lebih mengutamakan untuk kebaikan bumi.
Jadi itu beberapa referensi pemilihan warna untuk desain konten kuliner yang bisa selaras dan menarik perhatian audience. Perlu diingat juga untuk tetap mengikuti brand guidline jika sudah memilikinya jadi tidak akan merusak brand logo yang sudah dibangun.
Habibil Mila
PT. Fortuna iMARKS Trans