Setelah kemarin membahas mengenai own media dan earned media, terakhir dari media partner ialah : paid media.

Paid media atau media berbayar sebenarnya lebih pada pembayaran dari segi pemasaran atau marketingnya. Paid media ini termasuk iklan TV, iklan cetak, sponsor dan beberapa jenis media social lainnya. Dalam media berbayar kita sebenarnya membayar marketing digital yang termasuk iklan bayar per klik (PPC), iklan media sosial berbayar, dan pemasaran mesin pencari atau SEO.

Mahal atau tidaknya Paid media sebenarnya tergantu pada planning budget yang tepat, dengan kombinasi frekuensi dan reach yang tepat pula, akan sesuai yang direncanakan perusahaan. Strategi positioning maupun diferensiasi yang disampaikan akan dicerna dan disimpan dalam memori konsumen sehingga secara emosional konsumen akan mengingat brand kita

Lantas yang dibayar apanya?

Jika dilihat kenapa sebuah media itu berbayar sebenarnya seperti yang dijelaskan karena penggunaan ads sehingga bayar per klik dari impression yang didapat. Bisa juga dikarenakan sebuah influencer yang mana memiliki exposure yang tinggi.

Sudah tau kan exposure itu apa saja? Yaps, insight dari sebuah konten yang dihasilkan sangat tinggi. Bisa dilihat tulisan saya mengenai Instagram ya!

Exposure yang tinggi tentunya reach dari konsumen sebagai branding atau justru menjadi seliing akan sangat tinggi juga.

Untuk itu, paid media adalah cara yang tepat untuk mempromosikan konten untuk menghasilkan lebih banyak reach yang diperoleh dan juga dapat digunakan untuk mengarahkan konsumen langsung ke media yang kita miliki.

Jadi masih berpikir endors itu ga penting? hihihihihihi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top