\"\"

Sam, digital marketing makin kesini makin susah ya? Rumit dan cepet berubah-ubah.

Ini owner yang sudah sepuh dan senior, pada celingak-celinguk, melewatkan banyak hal.

Ingat kata Presiden Pak Jokowi : \”Di kesempatan yang baik ini, Saya sampaikan sabar.\”

Kalau dikuliti sampai inti, digital marketing sepaham Saya saat ini ada 3 jalur :

Dikutip dari unggahan pada akun instagram @alfafaizal

1
Search Engine Marketing (SEM)
Meliputi cara dan upaya, agar usaha Kita muncul, unggul, dan dominan, di hasil pencarian Google. Ini dapat dilakukan dengan cara organik, membangun website, google my business, memanfaatkan blog gratis, smaupun dengan iklan berbayar di Google.
Nalar dasarnya, orang jaman sekarang, nyari apa-apa di google. Hla kalau usaha Kita dicari di google nggak ketemu, mau berharap apa?

2
Social Media Marketing (SMM)
Meliputi cara dan upaya eksis dan laris dengan memanfaatkan media sosial. Dalam pembahasan ini termasuk : Facebook, Instagram, Twitter, TikTok.
Nalar dasarnya, melakukan produksi konten yang mampu mengkomunikasikan penawaran sari perusahaan, dengan kemasan seru dan menarik, yang disukai oleh prospek dan konsumen. Dapat dilakukan secara organik, dan ada pula fasilitas iklan berbayar.

3
Market Place Marketing (MPM)
Meliputi cara dan upaya membuka lapak/ stand di mall yang memang sudah memiliki pengunjung, tentunya dalam konteks digital/ online. Dalam hal ini meliputi market place seperti : Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan sejenisnya. Untuk usaha kuliner, logika ini selaras dengan opsi kalau Kita buka penjualan di aplikasi online, seperti Go Food, Grab Food, dan Shopee Food.
Nalar dasarnya, traffic yang berseliweran di mall online tersebut, dapat Kita manfaatkan sebagai prospek untuk produk yang Kita jual.

Buat mudah paham, rangkumannya :

SEM -> Nyegat Orang Lewat
SMM -> Sebar Brosur Di Tempat Wisata
MPM -> Buka Stand Di Mall

Masing- masing adalah medan laga yang memiliki tantangan berbeda.

Kemudian ada studi kasus, 1 orang tim baru direkrut, seorang anak muda yang polos dan penuh semangat, namun minim pengalaman, dan dikasih perintah oleh owner : kamu urusin digital marketing ya. Gampang kan, cuma tinggal upload upload gitu doang. Nah!

Dibekali dengan HP android 2 jutaan dan kuota 100ribuan sebulan.

Akankah dia berhasil menaklukkan belantara digital marketing?

Selamat mencoba!

Ditulis oleh :
Faizal Alfa
Direktur PT Fortuna iMARKS Trans
Konsultan Pemasaran
Tinggal Di Malang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top