Kembali dengan saya Niko Irawan, Pembahasan kali ini adalah mengenai media apa yang bisa/cocok dalam bisnis kuliner, yap tentunya jawabnnya adalah sosial media
Sekitar 20 tahun yang lalu, penduduk yang memiliki koneksi internet hanya sebesar kurang dari 1 (satu) persen. Saat ini, menurut penelitian dari We Are Social dan Hootsuite, lebih dari 4 miliar orang sudah menggunakan internet. Tingkat penetrasi internet saat ini sudah sebesar 53%, jumlah ini bisa menjadi satu alasan kuat bahwa Anda harus menggunakan strategi pemasaran pada usaha kuliner Anda.
Hal ini tentunya sangat mempengaruhi industri F&B (food and beverages) dimana sebagian besar populasi online ini sudah mulai mencari dan menemukan restoran secara online.
Populasi pengguna sebanyak ini mencari menu, membandingkan harga, membaca ulasan (review) sebelum pergi ke restoran atau bahkan memesan makanan juga secara online menggunakan layanan-layanan pesan antar yang dipesan online.
Dikutip dari sebuah survei yang diadakan Adweek pada tahun 2016, sebanyak 25% orang memiliki setidaknya satu aplikasi restoran di ponsel mereka. Survei lainnya juga mengatakan, sebesar 85% dari mereka yang mencari makanan melalui ponsel mereka melanjutkan untuk menyelesaikan pemesanan menggunakan media yang sama.
Namun, konsumen tersebut tidak berhenti hanya setelah menemukan restoran yang mungkin mereka sukai, atau setelah melakukan pemesanan.
Para konsumen di era modern ini yang telah diberdayakan teknologi juga dengan sangat mudah dapat membantu kesuksesan suatu restoran atau justru malah dapat menyusahkan restoran tersebut secara tidak langsung.
Hanya dengan memberikan ulasan online atau dengan berbagi pengalaman pada media sosial mereka, restoran Anda dapat meningkatkan popularitas dan jumlah pelanggan atau malah menjadi sepi.
Sama juga yang juga duterapkan di klien kami yaitu djajan seafood, beberapa channel mereka yang digunakan untuk support kebutuhan online adalah
1. Social media Meliputi:
– Instagram
– Facebook
– Youtube
2. Google Business meliputi:
– Maps Lokasi
– Kolom Review
– Kolom Upload Foto dan vIdeo
3. Optimasi SEO (Website)
4. E-Commerce (Shopee)
5. Food Delivery :
– Grab Food
– Go Food
– Go Biz
6. Influencer
Yang mana setiap item channel mempunyai peran dan dampak masing masing, yang akan saya bahas di artikel berikutnya