pada bulan lalu, tiba-tiba saya dihubungi oleh team REMOT 2 untuk bisa meluangkan waktu mengisi materi mengenai media partner. ohiya, FYI Remot sendiri ialah Restaurant Marketing Officer Training. Peran mereka lebih pada marketing online dari beberapa platform yang salah satunya mengenai media partner.
secara umum, media partner sendiri terbagi menjadi 3 media yakni : own media, earned media dan paid media. namun kali ini akan saya bahas mengenai own media.
own media pada dasarnya ialah media yang menjadi milik kita seperti : website, blog, social media channels (instagram, twitter, facebook dll). karena own media/media yang kita miliki merupakan media yang dapat kita kontrol dan akan menjadi sebuah branding pada merek kita.
Salah satu contoh yang paling umum yang sudah dibahas diatas ialah adanya channel media sosial : instagram yang mana ialah sebuah eksistensi dari sebuah brand. sehingga, semakin banyak media yang kita miliki sebenarnya akan semakin besar juga peluang untuk memperbesar kehadiran dari brand kita didunia digitas.
pengelolaan yang baik pada own media maka akan meningkatkan sebuah eksposure pada media milik kita karena orang semakin banyak yang tahu. juga meningkatkan traffict dan interaksi maka akan dengan mudah SEO atau search engine optimization pada brand pasti akan berada diatas yang tentunya akan dapat upgrade menjadi earned media atau justru paid media.
jadi, sudahkan anda memiliki banyak channel media sosial untuk brand bisnis anda? hihihihihi