Sebuah bisnis kuliner, membutuhkan sebuah team marketing yang yang bertugas mendatangkan para customer. Pada saat awal berada disebuah perusahaan kami, dimana banyak client yang dipegang oleh pihak para konsultan, saya banyak belajar bahwa cara mendatangkan orang ternyata juga diperlukan strategi marketing yang digunakan.
Kali ini pembahasan mengenai pembagian team marketing yang ternyata sangat dibutuhkan agar bisa mendatangkan orang.
Dalam hal ini sebuah team marketing bertindak dalam 3 poin marketing funnel yakni awareness dengan kata lain membuat orang bisa mengetahui, consideration dengan kata lain membuat orang bisa berpikir untuk membeli atau memutuskan untuk membeli dan yang terakhir yakni conversion yakni membuat orang tersebut membeli.
Cakupan 3 poin marketing funnel tersebut membutuhkan sebuah team yang tergabung dalam sebuah team yakni team online dan ofline
Marketing online yang berfokus pada 3 hal yakni konseptor atau perencanaan bagaimana design media yang akan digunakan, content creator lebih pada membuat ide menjadi sebuah karya dan yang terakhir ialah distributor yakni perantara konten yang dibuat yang biasanya kita sebut sebagai admin atau customers service
Marketing offline yang berfokus pada revenew stream yang telah dibuat. Marketing offline atau biasa disebut sebagai sales atau CRO (costumer relation officer) yang bertugas untuk mendorong revenew stream dari bisnis kuliner yakni dine in, carry out dan big order. Ketiga hal tersebut yang harusnya di kejar oleh bagian marketing offline tersebut.
Jadi, sebuah SDM terutama marketing ternyata pada masa sekarang ini sangat dibutuhkan agar balance antara team. Hal ini untuk mengurangi persengketaan team !
Apa sudah ada team marketing di bisnis kuliner anda?