Kalau sebelumnya sudah saya jelaskan di artikel tentang apa itu instgram insight https://imarks.co.id/apa-itu-instagram-insight/ kali akan saya bahas beberapa manfaatnya, Dalam berbisnis, data (insight) ibarat kompas yang bisa menentukan arah dan jalan bisnis kita. Dengan adanya data, kita bisa melakukan analisa, evaluasi, serta perencanaan yang lebih baik ke depannya. Instagram sudah menyediakan fitur ini secara cuma-cuma dan tentu akan disayangkan bila hanya sekedar dijadikan pajangan saja.
Yang pertama adalah untuk Mengetahui Karakteristik Followers
Mengenali karakteristik followers adalah hal yang sangat penting. Dengan mengetahui karakteristik followers, kita bisa menentukan produk apa yang cocok untuk dijual, konten seperti apa yang disukai, dan bagaimana strategi pemasaran yang sesuai. Akan ada perbedaan perlakuan antara akun yang didominasi oleh perempuan, dan didominasi oleh laki-laki.
Kedua, Mengetahui Efektifitas Konten,
Tidak semua konten disukai oleh followers. Adanya perbedaan karakteristik membuat tidak semua konten efektif. Tentunya, kita membutuhkan gambaran konten apa-apa saja yang disukai oleh followers. Instagram memberikan Insight yang cukup detail sehingga kita bisa mengambil kesimpulan terkait konten yang kita kelola.
Yang ketiga adalah, mengevaluasi Terhadap Strategi Instagram Marketing Yang Kita Gunakan
Secara keseluruhan, Insight Instagram tersebut sangat bermanfaat untuk melakukan evaluasi terhadap strategi yang kita gunakan. Sudah benarkah konten yang kita gunakan ? Tepatkan produk yang kita jual? Kapan waktu terbaik untuk posting ? Bahkan, kita bisa melakukan pengukuran mingguan ataupun bulanan sehingga akan terlihat perkembangan dari performa akun yang kita kelola. Sayang sekali bila informasi yang begitu berharga ini tidak kita maksimalkan.