Secara nama mungkin asing ya
Tapi di kehidupan sebenarnya, kita sudah pernah terlibat tapi gak menyadari
kalau itu termasuk Loyalti Program
Jaman sekarang, semakin berkembangnya teknologi,
Orang dari pada ribet kesana kemari buat beli barang
Mending pakai aplikasi belanja online
Shopee misalnya mereka selalu menawarkan cashback ketika pembelanjaan minimum
sekian
Kemudian kalau ke Alfamart ataupun Indomaret selalu ditawarin membercard
Karena banyak kelebihannya dibanding bayar cash
Program
tiket terusan kalau yang sering berwisata di Jatim Park
Bakti Sosial Bahkan menggelar event
Dan masih banyak lagi jenisnya,
Semua itu wujud perusahaan menjaga pelanggan tetap bertransaksi dengan
perusahaan
Logika sederhananya gini deh,
Ku Kasih pertanyaan,
Lebih murah jualan ke existing customer atau new customer?
Bukan cari benar atau salah
Kalau konteksnya adalah Loyalti Program arahnya lebih murah ke existing
customer.
Kenapa?
Karena existing customer sudah pernah bertransaksi dengan kita dan merasakan
beli di kita. Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru bahkan dapat mencapai 10x
lipat dari biaya pelanggan lama.
Pelanggan lama/existing customer yang merasa puas, cenderung bersedia
menghabiskan uang yang lebih besar untuk layanan perusahaan lagi