Hahaha…
Mungkin seperti itulah siklus tembus omzet dalam sebuah bisnis.
Bulan ini tembus, bulan setelahnya hampir. Setelahnya lagi malah jauh dari target. 🙁
Lho kok bisa?
Coba kita tanyakan pada rumput yang bergoyang.
Sebenarnya saya juga gak tau pasti sih, apa penyebabnya. Ada yang bilang karena fungsi Marketing tidak berjalan, yang lain bilang karena operasional tidak memperlakukan customer dengan baik sehingga tidak kembali lagi, ada juga yang bilang \”ya memang lagi tend turun omzet, bulan ini semua bisnis omzetnya turun\”. Hmmm….
Semakin bingung?
Ya sama 🙁
Saya nulis begini bukan berarti menghakimi salah satu ya. Tapi terlebih karena ingin mengulasnya satu satu. Benarkah saat omzet turun, Tim Marketinglah yang tidak melaksanakan tugasnya dengan baik? 🙁
Bisa iya bisa tidak.
Maybe yes, maybe no.
Semua bisa dibedah dengan inaur unsur yang terlibat. Apakah tugas sudah dilaksanakan sesuai rencana dan anggarkan dihabiskan secara bijak? Poin yang lain, benarkan customer masih mau dengan produk bisnis yang kita jual? Selanjutnya benarkan operasional sudah melaksanakan fungsinya sebaik mungkin hingga memunculkan kesan \” Kangen\” Kepada customer? Atau mungkin ini? Atau mungkin itu? Dan masih banyak pertanyaan yang lainnya…
Jawab jawaban diatas perlu proses observasi yang tidak sebentar dan memerlukan pihak pihak yang terlibat langsung.
Kalau di bisnis anda kira kira siapa yang berhak bertanggung jawab atas turunnya omzet?