8 bulan yang lalu seperti hari yang biasanya, kerja full dan libur dihari minggu. Saya adalah staf marketing di salah satu rumah makan ayam goreng yang mempunyai banyak cabang di kota malang. Tepat di siang hari itu kebetulan saya sedang ditugaskan di luar kota. Siang yang panas di kota industri. bertambah panas ketika hp komplain berdering.

“Selamat siang dengan ayam goreng ada yang bisa saya bantu?” Standart sapaan yang selalu saya ucapkan ketika memulai percakapan. “Hallo saya ojol dari surabaya mbak, ………..”
percakapan tersebut berlangsung selama 1jam 3 menit. Hitungan yang sangat lama karena dalam telpon tersebut ojol meceritakan pengalaman selama dia mendapatkan orderan di rumah makan tempat saya berkerja. Selama telpon berlangsung saya mendengarkan dan mencatat point2 penting dari pembicaraan. Setelah itu saya mengulang point2 komplain dan saran yang diberi oleh ojol dalam percakan telpon tersebut. Yang awalnya marah-marah seperti orang mengajak perang tiba-tiba berubah menjadi kata-kata pujian yang terdengar seperti influencer yang sedang mereview produk. 💗

Ketika kamu berbicara, kamu hanya mengulangi kembali apa yang kamu ketahui.
Tetapi, ketika kamu benar-benar mendengarkan kamu akan belajar sesuatu yang baru.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top