Dulu pas mau bikin usaha pasti semua sempat riset berapa sih harga produk jenis ini ? Kira-kira kalau harga produkku diatas kompetitor bisa bersaing nggak ya ?


Jangan sampai tersesat Genks. Harga yang kompetitor patok untuk produknya belum tentu akan sesuai dengan produk yang kita punya walaupun jenisnya sama. Sebelum menentukan harga jual, pastikan untuk mengetahui berapa biaya pembuatan atau biaya beli produk yang akan dijual. Biaya bahan baku, biaya produksi, tenaga kerja, dan biaya lainnya harus diperhitungkan dengan teliti. Setelah diketahui berapa biaya produksinya, barulah dipikirkan berapa persen laba yang ingin didapatkan.


Jangan berpikir jika lebih laku maka keuntungan yang didapatkan juga semakin banyak. Bisa jadi semakin laku produknya, semakin rugi pula karena tidak memperhitungkan biaya produksi dengan teliti. Oleh sebab itu, sebaiknya berikan harga yang sesuai dengan value produk. Jangan khawatir tidak laku, jika dibumbui dengan marketing yang baik dan sesuai maka pembeli akan berdatangan. Apalagi jika value dan kualitas produknya baik atau sebanding dengan harganya, konsumen pastibakan datang membeli lagi.


Ingat, selalu perhatikan biaya produksi sebelum menentukan harga jual ya Genks !


Malang, November 2019
PT. Fortuna iMARKS Trans
Lintang Januari

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top