Gratis Makan
Gratis Porsi
Gratis Menu
Gratis!
.
Frase atau kata di atas dapat kita semat dengan semangat, dengan menggunakan teknik free sample yang pertama, yakni giveaway.
.
Apa sih giveaway itu?
Kalau makna leksikal nya, giveaway adalah
“a thing that is given free, often for promotional purposes.”
Sesuatu yang diberikan secara gratis, dengan tujuan sebagai sarana promosi.
.
Satu hal yang menarik terkait giveaway, menurut data dari Google Primer, sekitar 75 persen partisipan giveaway kemungkinan akan menjadi konsumen di masa depan. Bukan angka yang kecil bukan? Makanya giveaway ini menjadi salah satu teknik free sample yang dapat diandalkan.
.
Era media sosial memberikan ruang kreasi yang lebih luas lagi. Mau main di Facebook atau Instagram, variasinya bisa kemana-mana, tinggal seberapa kreatif LaperPreneur mengolah teknik markEATing nya.
.
Suatu hari di sesi pendampingan pemasaran iMARKS, membahas mengenai menu baru di Radja Penyet Mas Fais yang outletnya mengepung Palu, Sulawesi Tengah. Tim Marketingnya keren, karena meski lokasi di luar Jawa, cara mainnya sudah se kritis dan se kompetitif para pemain di Jawa. Hari itu Tim Marketing mempresentasikan menu baru yang mereka ajukan sebagai produk penetrasi. Nama produknya cukup nyentrik : Geprek Ashiaap! Agar ngetren dan mudah dicerna kayak slogannya YouTuber yang lagi hits.
.
Produk dipresentasikan lengkap, berikut spesifikasi, dan hitungan HPP hasil koordinasi dengan tim produksi dan tim finansial. Dengan menyisakan sebuah tantangan, mau pakai cara apa untuk aktifasinya? Kalau Anda berada di posisi yang sama, apa tindakan yang akan Anda lakukan?
.
Nah, dalam kasus ini, giveaways bisa dipilih untuk diterapkan. Sebuah skenario giveaway dapat disusun. Idenya, memainkan 3 aspek sekaligus : curiosity, priviledge, dan gamification. Ashiaaap! Apa lagi itu? Mudah dipahami kok, maksudnya begini : Curiosity alias rasa penasaran, karena ini menu baru, maka rasa penasaran wajib dimainkan. Tampilannya bagaimana, rasanya bagaimana, perlu dikipasi terus menerus. Priviledge mengacu pada keistimewaan, karena meskipun produk ini akan dikenalkan, namun belum bisa dibeli secara reguler, di fase awal hanya bisa diperoleh oleh pemenang giveaway, jadi pemenang merasa istimewa, merasakan duluan. Gamification, tentu terkait dengan unsur kompetisi dan faktor luck yang dilibatkan dalam giveaway. Dalam hal ini, giveaway dijalankan dalam format sweepstakes, undian untung untungan dengan pemenang dipilih oleh admin.
.
Dengan menggunakan instagram, prospek maupun konsumen dapat dipancing dan digiring untuk terlibat dalam giveaway yang digelar. Syarat tinggal ditentukan, misalnya yang lumrah dilakukan adalah dengan follow, like, dan memberikan komentar atau DM berisi nama_no WA_alasan kenapa perlu dipilih jadi pemenang.
.
Berapa porsi yang disiapkan untuk giveaway? Ya tentukan, apakah 2 orang? 20 orang? Berapa pemenangnya. Apa dasar pertimbangan untuk menentukan jumlah pemenang? Anggaran! Berapa anggaran yang di alokasikan? Menarik bukan? Jadi giveaway memberikan ruang untuk berbagi secara gratis, namun tersegmen dan anggarannya terkontrol.
.
Anggap saja pemenangnya 20 orang, dari jumlah peserta 500 orang, wow, dapat kanan kiri itu. 20 orang akan diumumkan sebagai pemenang, dan dapat di eksploitasi u/ publisitas lebih lanjut, sedangkan 480 sisanya jadi apa? Hot prospect dong, karena mereka dapat di follow up dengan penawaran spesial lain, enggak dapat gratis juga nggak kecil hati, karena bisa diberikan voucher diskon misalnya, tetap kena dan terjaring, karena saat sudah strike dan fish-on, perlu digulung sampai ikan dapat diangkat naik ke kapal.
.
Sudah faham caranya kan? Tinggal praktek dan reviewnya. Adjustment dan allignment pasti perlu dilakukan sesuai dengan segmen market dan karakteristiknya. Ayo ngegass lagi, free sample ternyata nggak cuma bagi bagi produk gratis tanpa intensi, setiap teknik pemasaran erat kaitannya dengan rencana dan strategi. Eh, ada pembaca yang jomblo, permisi mau nanya, cara menggaet customer dengan giveaway bisa dipakai buat nyari jodoh nggak ya? 😘😘😘
.
Silakan dipikir Mblo…
.
Salam Pertumbuhan!
Faizal Alfa
PT Fortuna iMARKS Trans
Marketing Development Partner