Klien baru datang dan dipercayakan ke saya. Berbeda dengan klien sebelumnya yang saya tangani. Sebelumnya adalah klien yang bergerak di resto makanan, kali ini klien yang bergerak di penjualan martabak manis dan martabak asin di containeran/gerobakan. Walau dengan kondisi sperti itu klien ini mempunyai cabang 13 dan tersebar di 3 kota. Kota pertama adalah Pekanbaru yang mana ini merupakan pusat/markas dari outlet yang ada. Kota Padang dan Jakarta adalah kota cabangnya. MarDjoe, Martabak Djoeragan nama klien yang dipercayakan.

Cukup unik buat saya karena penamaan menu yang berbeda. Di MarDjoe produknya disebut Martabak Manis, yang dalam kehidupan saya sebelumnya saya menyebutnya terang bulan. Produk berikutnya adalah Martabak. Asin yang mana saya kenal sebagai nama Martabak. Kalian sudah paham kan sebelumnya? atau baru tahu juga?

Prakondisi sebelum pendampingan kunjungan, saya menghubungi Pak Rizky selaku Ownernya. Hal yang saya minta adalah data 6 poin dari titik pantau IMARK. Apa saya 6 poin itu?

0. Profiling

  1. Pertumbuhan Vertikal
  2. Pertumbunan Horisontal
  3. Pertumbuhan Data Konsumen
  4. Pertumbuhan Aset Digital
  5. Pertumbuhan Program

Dari 6 poin tersebut saya cukup kaget jikalau MarDjoe sudah siap dengan Forecast 2020, terkhusus untuk poin 1 dan 2. Ketika saya terima data yang dikirimkan hati saya berdetak kagum karena poin 1 dan 2 MarDjoe sudah ada proyeksi jumlah omset yang akan dicapai dan jumlah cabang yang akan di kejar di tahun 2020. Detil dan lengkap, target omset setiap cabang sudah tertera dan tercatat dalam excel yang saya terima. Padahal klien-klien sebelumnya kebanyak owner belum siap untuk punya gambaran target omset yang akan di capai dan jumlah cabang yang akan di buat di tahun 2020. Oh ya tahu ya apa itu forecast? Forecast adalah proyeksi gambaran ke depan atas dasar dari pencapaian sebelumnya.

Tak hanya adanya forecast 2020, pencatatan omset dari tahun 2018 dan 2019 tersimpan dan tersaji dengan baik. Dari data yang ada dengan mudah saya membuat tampilan versi grafiknya. Senang rasanya, klien yang ini sudah sadar akan pentingnya pencatatan dan pelaporan. Saya berpikir ke depan akan mudah kerjasama dan sinergi yang akan kami bangun. Dari data yang sudah disiapkan sebelum pertemuan, maka sesi yang berjalan akhirnya bisa berjalan dengan cepat. Pertemuan sifatnya tinggal melengkapi dengan plot waktu untuk opening outel baru yang di tahun 2020.

Menjelang tahun 2020 dan di akhir tahun 2019 apakah sudah punya Forecast seperti MarDjoe? Kapan mau akan di buat? dan sudah tahu caranya?

November

Handy Priyanto

Salam Pertumbuhan

Imarks

Comments (1)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top