\"\"

Flywheel marketing sedang ramai dibicarakan akhir- akhir ini. Banyak yang bilang Flywheel marketing akan menjadi salah satu suksesor penerus marketing model funnel. Lantas bagaimana nasib dari metode marketing yang sudah kita kenal selama puluhan tahun ini, apakah nanti akan benar2 tergeser dengan kehadiran konsep baru ini, jadi penasaran gimana sih flywheel marketing itu.

oke, jadi di era milenials ini ternyata yang berubah tidak hanya perkembangan zamannya saja, namun juga perilaku pasar yang sedikit demi sedikit mulai bergeser.

Jika kita dulu sebagai marketer maupun salesman paham akan konsep Marketing Funnel, dimana untuk bisa mengubah keputusan orang menjadi pelanggan, kita biasa menggunakan model AIDA yang ditemukan oleh Elias St. Elmo Lewis di tahun 1898. AIDA singkatan dari

Attention – Interest – Desire – Action

ya itulah bagaimana konsep marketing funnel ini dijalankan selama satu abad lebih lamanya. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang AIDA nanti bisa di gooling sendiri ya.

Kemudian bagaimana bisa konsep flywheel marketing ini menggeser konsep marketing funnel ini. Perilaku konsumen yang berubah, menjadi salah satu alasan paling kuat munculnya konsep flywheel ini. Sekarang sudah sedikit orang yang percaya akan omongan salesman/ marketer, bisa dibilang udah ga ada yang percaya juga sih. Maka dari itu lah muncul flywheel ini.

Konsep ini sederhananya adalah memanfaatkan konsumen kita sendiri untuk menyebarkan informasi tentang produk/ jasa kita, alias memanfaatkan mereka untuk menjadi tim pemasaran bahkan tim sales kita sebagai pebisnis. Caranya cukup sederhana pula, saat mereka masuk menjadi konsumen kita, beri mereka penawaran, service yang excellent. Secara tidak langsung dengan perilaku rata- rata orang sekarang, jika mereka mendapat sesuatu hal yang valueable dan worth it banget, si pelanggan ini gak bakalan segan- segan untuk share informasi tentang bisnis kita.

Lebih- lebih jika kita bisa memanfaatkan banyak orang, tidak hanya 1 pelanggan saja yang dimana konsep ini bisa dijlankan setiap hari juga sih, bayangin kalau setiap hari satu orang konsumen share tentang bisnis kalian, kemudian berhasil menginfluence yang lain. Caranya gimana tuh?

Kita bahas di artikel selanjutnya aja ya, atau kalian bisa kirim DM aja di ig saya @iamnicholasryan hehehe

Salam

Nicholas Ryan
PT Fortuna iMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top