Pada tahap awal membangun usaha/ bisnis, pikiran setiap owner bisnis adalah ingin mendapat profit yang tinggi dari penjualan yang wow. Tapi terkadang ekspektasi owner bisnis ini terlalu tinggi tanpa melihat kondisi bisnisnya sendiri. Dalam membangun sebuah usaha/ bisnis harus memiliki pondasi yang kuat supaya segala macam ekspektasi bisa tercapai, pondasi yang dimaksud adalah salah satu aspek dari 3 pilar sebuah bisnis.
Yap, Marketing. Salah satu dari 3 pilar bisnis yang menjadi peran paling krusial dalam bisnis. Pada tahap awal membangun sebuah bisnis terkadang owner bisnis hanya memikirkan 1 aspek saja, yaitu dari aspek produk/ jasa, mereka terlalu yakin dengan produk mereka tawarkan dengan pola pikir sangat sederhana, “kalau produk saya bagus, pasti bakalan laku keras”.
Tidak ada yang salah dengan kalimat tersebut, karena pada hakekatnya ruh dari bisnis agar bisa survive adalah produk/ jasa itu sendiri. Tapi apakah dengan produk yang bagus saja bisa mendatangkan sales yang wow ? Belum tentu. Karena jika hanya mengandalkan produk saja, belum tentu market akan menerima/ tau produk yang ditawarkan. Bisa- bisa nanti yang terjadi bukan bisnis indah dengan profit sesuai keinginan, tapi malah menjadi cinta bertepuk sebelah tangan, karena produk/ jasa yang ditawarkan tidak sesuai dengan pasar yang ada atau pasar yang tidak tau kalau bisnis anda ada.
Maka dari itu proses Defining The Market menjadi proses penting di tahap awal. Apa sih defining the market itu ? Apa sih fungsinya ? Akan dibahas lengkap di artikel selanjutnya, jangan ketinggalan tulisan saya selanjutnya, DEFINING 0.2
Salam,
Nicholas Ryan
PT Fortuna IMARKS Trans