Genks, pernah nggak kalian bingung ketika memilih mana ukuran popcorn yang akan kalian beli ? Misalnya ada tiga pilihan ukuran mulai dari kecil, sedang, dan besar dengan selisih harga yang tidak terlalu besar. Kemungkina besar kalian akan memilih untuk membeli ukuran sedang bukan ?

Strategi ukuran dan harga tersebut disebut dengan Decoy Effect. Decoy effect merupakan teknik psikologi yang membuat orang memilih ukuran paling besar dengan harga paling tinggi dari pilihan yang ada. Syarat agar teknik ini dapat digunakan adalah membuat tiga pilihan harga dan ukuran dengan selisih harga yang tipis sehingga memberika anggapan bahwa memilih ukuran yang paling besar dengan harga paling mahal lebih baik karena selisih harga yang tipis dengan pilihan kedua berukuran sedang.

\"\"

Decoy effect merupakan teknik yang menggiring konsumen untuk belanja lebih banyak. Teknik ini diharapkan dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dengan membuat konsumen berbelanja barang yang lebih mahal, namun tetap masuk akal bagi mereka.

Jadi, tertarik untuk menggunakan teknik ini ? Atau pernahkan kalian terjebak teknik ini ?

Malang, Januari 2020

PT. Fortuna iMARKS Trans

Lintang januari

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top