Ada klien kami yang sangat mengandalkan aspek historis, berdiri sejak 1988. Wau, lamakan? Jangan-jangan seumuran juga dengan umur Anda? Namun kalau ditanya sudah banyak pelanggan? dengan gagah di jawab, tentu ada, dan banyak sekali. Lalu biasanya terdiam di pertanyaan lanjutannya. Ada nomor kontak mereka? Mendadak senyap. Di Palu juga pasca gempa, data konsumen dulu yang ada namun tidak terpusat ikut hilang di telan bumi. Menjadi sulit ketika Radja Penyet Mas Fais bangkit dan mulai beroprasi lagi. Seharusnya dengan data konsumen yang ada dengan cepat Radja Penyet Mas Fais bisa menginfokan ke para pelanggannya, memberitahu kepada mereka kalau mereka sudah bisa kembali makan di Radja Penyet Mas Fais. Kategori Konsumen

.

Dalam ilmu management ada istilah CRM (Customer Relationship Management) yang artinya adalah strategi bisnis untuk memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu mendata pelanggan dan mengkonfersi serta mempertahankan mereka untuk. tetap loyal dengan produk kita. Dengan ilmu ini kita bisa tahu perilaku pelanggan kita. Ibaratnya pasangan kita tahu apa yang di maui pasangan kita sebelum dia mengutarakan. Sakti kan?

.

Dalam satu paket layanan iPOS, klien bisa juga menikmati fasilitas iPOS Card. Dalam iPOS Card terdapat jenjang/kasta pelanggan diantaranya. Prospect, Shopper, Customer, Member, Advocate, dan Raving Fan. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

.

Prospect

adalah mereka yang baru memasang aplikasi iPOS Card di HPnya dan mendaftarkan dengan memasukkan idetitas diri. Fasilitas yang didapat mereka akan mendapat point. Setiap transaksi mereka menscan QR code di aplikasi tersebut. Umpannya dengan memberikan diskon/bonus jika berkanan join menjadi prospect.

.

Shopper

adalah mereka prospect dan melakuka sekali transaksi pembelian. Fasilitasnya mereka bisa mendapat cashback point dengan syarat setiap transaksi, mereka menscan QR code yang tersedia di kasir.

.

Customer

adalah mereka yang sudah melakukan pembelian lebih dari 1 kali. Mengapa baru dikatakan Customer, karena mereka terbukti mau untuk kembali datang untuk menikmati layanan/produk kita.

.

Member

adalah mereka yang dalam sebulan menghabiskan batas tertentu jumlah transaksi yang ditentukan oleh resto kita. Misalkan syarat menjadi member jika mereka telah melakukan pembelian senilai 1 juta dalam satu bulan.

.

Advocate

adalah mereka yang sudah menjadi member dan membawa teman/saudara/colega mereka untuk ikut menginstal dan menggunakan iPOS Card. Misalkan 3 orang yang diajak, maka pelanggan naik kelas dari member menjadi Advocate.

.

Raving Fan

adalah mereka yang sudah membawa orang dan menghabiskan nominal uang tertentu dalam 1 bulan. Menujukkan bahwa pada level ini pelanggan sudah sangat loyal dengan Anda.

.

Sistem yang dipakai adalah sistem point seperti nominal uang. Setelah senilai dengan harga produk maka point tersebut bisa dipakai untuk membeli produk tersebut. Dengan sistem ini sebenarnya kita mengunci paa pelanggan untuk kembali dan kembali lagi ke outlet Anda. Selain hal itu ada fitur kirim pesan sesuai dengan kasta tertentu. Beda dunk kita komunikasi pada pelanggan loyal kita dengan pelanggan biasa. Dengan kategori tersebut kita bisa lebih menjaga relasi dengan baik.

.

Jadi sudah ada berapa kontak nomor pelanggan yang Anda simpan? Anda simpan bagaimana? iPOS Card solusi mudah untuk membuat tidur Anda nyenyak

Handy Priyanto Utomo

Salam pertumbuhan

iMARKS

\"\"

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top