Dalam kegiatan marketing ada banyak istilah dan konteks yang mungkin belum semua orang paham, salah satunya CTA (Call To Action) bagian terpenting dalam marketing.

Call To Action ini adalah sebuah instruksi yang dirancang untuk mendapatkan respons langsung dari audience. CTA ini lebih sering digunakan dalam bisnis sebagai strategi dalam marketing untuk membuat target merespon melalui tindakan. Biasanya menggunakan kata kerja imperatif, seperti “kunjungi toko” “cari tahu lebih lanjut” “swipe up (IG Story)” “beli sekarang” “daftar sekarang”. Buatlah kalimat ajakan dan mengarahkan pengunjung untuk melakukan aktivitas atau keputusan selanjutnya seperti agar segera membeli produk tersebut dengan kalimat seperti “beli sekarang, stok terbatas” “promo hanya sampai akhir bulan”. CTA juga harus dibuat sederhana namun bisa menarik perhatian untuk melakukan tindakan dengan brand tersebut. Dalam perkembangan sekarang ini CTA lebih sering di aplikasikan di berbagai media digital atau medsos, seperti konten untuk feed instagram, stories instagram, facebook, atau bisa juga di app pesan singkat.

Ketika akan menerapkan CTA dalam promosimu pastikan untuk menggunakan bahasa yang tepat dan jelas tidak bertele – tele agar target mudah memahami. Setelah itu kalian harus menentukan target juga siapa sasaran yang akan mendapat promosi tersebut, karena berbeda kalangan beda juga bahasa yang digunakan. Langkah selanjutnya kalian harus membuat promo yang menarik seperti buy 1 get 1, diskon berapa persen, vocuher diskon dan sejenisnya. Hal yang perlu diperhatikan adalah desain karena akan sangat mempengaruhi yang melihat iklan tersebut. Ada beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam desain konten untuk CTA ini yaitu warna, penempatan dan ukuran. 

  • Warna

Warna pada tombol CTA harus lebih kontras dari latar belakng atau elemen lainnya. Gunakan warna – warna yang mencolok untuk menarik perhatian.

  • Penempatan

Penempatan tombol CTA di instagram stories biasanya ditengah bawah, lebih sering menggunakan teks “swipe up” atau bisa juga disesuaikan dengan desainnya

  • Ukuran

Gunakan ukuran teks yang cukup besar karena akan lebih efektif. Dengan ukuran teks yang besar dan headline yang jelas maka akan semakin besar peluang pengungjung itu klik tautannya.

Jadi itu sedikit penjelasan tentang Call To Action yang biasa diterapkan pada marketing dan tips untuk membuat Call To Action untuk konten. Semoga membantu kalian semuanya…

Habibil Mila

PT. Fortuna iMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top