Sering bingung, apa sih bedanya diskon dengan bonus? Daripada bingung sendirian, mending bingung ngajak orang. Saya tanyakan ke peserta sesi, saat di Tanjung Pandan, Belitung.

.

Apa bedanya diskon dengan bonus? Pada pintar pesertanya, karena mampu memberikan jawaban perbedaan yang distinctive, beda jelas beda tegas.

.

Diskon itu mengacu pada potongan atas harga normal sebuah produk, sedangkan bonus, mengacu pada tambahan yang diberikan dari produk yang dibeli.

.

Saya kejar lagi, kalau dibawa ke contoh penerapan, bagaimana? Ternyata juga dapat dijelaskan secara tepat. Cocok nih di bumi batu satam. Langsung saja diajak nyanyi : “Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga, bersyukurlah pada Yang Kuasa, cinta Kita di dunia, selamanya…..”

.

Kalau diskon adalah potongan, misalnya, Jamur Grak dengan kemasan pouch, per kemasan nya dijual dengan harga normal Rp 19.000, selama periode launching-pax di September 2019, dapat diperoleh dengan harga Rp 15.000 atau mendapat diskon Rp 4.000, semacam lumayan pakai banget kan? Cek saja di www.instagram.com/jamurgrak

.

Kalau bonus adalah tambahan, misalnya, Djajan Seafood di Tangerang, setiap pembelian Djajan Rame Rame, mendapat bonus Gurame Bakar. Ambil paket yang itu, jelas dapatnya kenyang berlipat sangat.

.

Kalau bisnisnya restoran, lebih baik pakai yang mana? Ya Anda hitung dulu HPP nya, karena bikin promo itu tidak melulu lebih murah dari sebelah, namun erat kaitannya pada target, dampak yang diharapkan, proses yang dijalankan, baik secara campaign, content, dan activation, serta anggaran yang diperlukan.

.

Karena, di banyak kasus pendampingan yang Saya temukan, owner kok dimana-mana mirip. Target dinaikkan, pressure ditingkatkan, semangat dilipatgandakan, giliran diajukan anggaran untuk pelaksanaan, jawabannya : “nganu”

.

Ya kali gak kuy, bayangin aja mau mancing ikan, cuman tersedia joran, senar, dan kail, ini judulnya memancing apa menyambit 😘😘😘

.

Aliran diskon atau aliran bonus? Pastikan menerapkannya pada produk yang memang termasuk dalam kategori prime product, traffic generator, atau produk penetrasi, karena percuma juga mendorong diskon atau bonus pada produk yang kurang disukai dan tidak menjadi pilihan pelanggan.

.

Riding the wave will be much more easier than standing against it

.

Salam Pertumbuhan!

.

Faizal Alfa

PT Fortuna iMARKS Trans

Marketing Development Partner

.

Konsultan Pemasaran Restoran

.

Mencantumkan nama PT, sesuai saran Lawyer Corporate : Bimo Prasetio

Agar pantas dan lumrah kalau tarifnya lebih tinggi daripada kompetitor sejenis yang kaleng-kaleng 🤭🤭😉

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top