Sekitar seminggu yang lalu, kebiasaan dari tim Imarks adalah menggelar meeting konsolidasi.
Tujuannya bagus yakni studi kasus yang didapat dari masing-masing klien di share kepada seluruh konsultan. Kerap kali para konsultan memiliki pengalaman berbeda-beda dalam menemui setiap masalah. Yang ini bisa sebagai pembelajaran konsultan lain ajar tidak terjerumus ke masalah yang sama. Belajar itu banyak macamnya bisa dari buku, mengalami sendiri bahkan pengalaman orang lain. Tapi jalur yang paling cepat yaa itu, pengalaman orang lain…

Suhu Puyol, kemarin berbagi mengenai BCG
Waa apa lagi nihh, ternyata BCG itu (Boston Consulting Group) secara tampilan simple  ternyata powerfull juga ketika dihubungkan dengan marketing.
Jadi sebenarnya BCG Matrix digunakan sebagai alat analisis bisnis yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mempertimbangkan perencanaan strategis.
Hmm, Apakah kalian termasuk salah satu orang yang kesulitan
ketika memilih produk yang mau di promosikan?
Dan harus berpikir panjang, yang berujung hanya angan-angan di kepala.

Ini bisa sedikit meringankan beban pikiran Anda.
Jadi BCG ini terbagi kedalam 4 kategori ,

1. Star
Sesuai dengan namanya Bintang  adalah produk yang memiliki potensi pertumbuhan yang cepat dan memiliki pasar dominan. Produk ini tentu sangat diminati di pasaran. Kalau dihubungkan dengan bisnis kuliner
seperti ini,
Margin tinggi tapi secara penjualannya juga tinggi 
 

2. Cash Cows atau Sapi Perah
Produk yang menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan biaya yang dikeluarkan.
Jadi contohnya tuh seperti,
Margin rendah tapi secara penjualan tinggi

3. Lazy Dog
Sesuai namanya adalah Anjing pemalas, pasti di setiap bisnis kuliner punya masalah yang serupa yakni margin rendah tapi penjualan juga rendah
Produk-produk pada kategori ini biasanya hanya memberikan kontribusi keuntungan yang sangat rendah atau bahkan harus mengalami kerugian.

4. Question Marks  
Ini adalah kategori yang unik, jadi di kategori memiliki prospek pertumbuhan tinggi tetapi pasarnya rendah. Jadi penghasilan uang yang didapat tidak sebanding biaya yang dikeluarkan
Namun ada tapi, karena prospek pertumbuhan sangat cepat jadi berpotensi untuk bisa berubah menjadi kategori star.
Margin tinggi, penjualan rendah
Semoga kalian paham dan lebih mudah dalam mengkategorikan sebuah produk.
Cara checknya, lakukan uji asumsi, validasi dan ulangi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top