Setiap brand pasti ingin dikenal/ diasosiasikan tentang sesuatu yang melekat pada brand itu sendiri. Persepsi yang muncul dalam benak market terhadap brand kita adalah hasil dari message/ komunikasi yang disampaikan secara konsisten.
Kali ini akan saya share tentang studi kasus unik yang dialami salah satu klien. Disini ada yang kenal atau sudah merasakan baso aci ? Makanan olahan dari aci ini memang lagi trend di 2 tahun terakhir ini. Apalagi di kalangan anak- anak muda milenials, khususnya cewek paling demen dengan makanan yang satu ini.
Klien kami yang satu ini sebenarnya sudah jago dan omset ratusan juta dari penjualan online. And then mereka ingin scale bisnis mereka, tentunya kalau kita bicara scale up bisnis maka akan susah jika kita scale dalam mode online, maka alternatif yang diambil adalah go to offline.
Dalam proses scale up ini , menjadi pekerjaan rumah bagi saya untuk menyusun strategi brand positioning nya sehingga persepsi yang muncul sesuai dengan target dan goals kami dalam memenuhi kebutuhan market. Point yang menjadi fokus utama disini adalah bagaimana kita bisa menyampaikan bahwa Baso Aci milik kami ini berbeda, berarti penguatan di point diferensiasi haruslah tepat dan kuat.
Persepsi yang ingin dimunculkan disini adalah bahwa baso aci ini beda dari baso aci yang sudah ada, bedanya kita adalah baso aci yang praktis, cepat, lezat dan bisa dibekal. Kata kuncinya adalah dibekal, maka untuk menguatkan persepsi tersebut kita sepakat untuk mengasosiasikan produk kami dengan perjalanan/ travelling. Dari sini program marketing communication yang disusun semuanya bicara tentang dibekal, mengasosiasikan produk kami dengan destinasi wisata, tempat oleh- oleh, penginapan menjadi fokus utama dalam penyampaian pesannya.
Munculah kemudian tagline Baso Aci Ciomy adalah Baso Aci yang bisa dibekal. Kemudian disusun dalam narasi yang kurang lebih seperti ini \”Setiap Perjalanan Pasti Butuh Teman. Pilih Teman Yang Praktis, Cepat, Hangat, Lezat dan Bisa Dibekal. Baso Aci Ciomy, Satu Mana Cukup?\”
Yang coba dibentuk adalah, baso aci Ciomy ini cocok buat travelling, nikmati baso aci ini rame- rame, dan tentunya baso aci ini bisa dijadikan oleh- oleh. Lantas bagaimana meng aplikasikan/ mengasosiasikan brand dengan point diferensiasi yang dipilih, tunggu di artikel selanjutnya.
Nicholas Ryan
PT Fortuna iMARKS Trans