Salah satu pengalaman yang Saya garisbawahi dalam sebuah launching program marketing (outlet baru, menu baru, kampanye baru) adalah pentingnya menentukan & melakukan pengukuran atas apa yang disebut : Animo.

Saya bekerja & terlibat di banyak perusahaan, dengan Kota yang berbeda-beda. Jakarta, Tangerang, Bandung, Pekanbaru, Medan, Surabaya, Samarinda, Makassar, Malang, Saya menemukan rumusnya : sama.

Animo dapat, dampak bakalan hebat.

Apa sih itu?

\”ani·mo n 1 hasrat dan keinginan yang kuat untuk berbuat, melakukan, atau mengikuti sesuatu.\”

Intinya : saat membuat sebuah rencana untuk kehebohan : outlet baru, produk baru, kampanye baru, buatlah alat pantau minat dari segmen pasar yang Kita tuju, sebelum programnya terlaksana secara realita.

Gini singkat jelasnya.

Dikutip dari unggahan akun instagram @alfafaizal

Saat mau bikin opening outlet baru, jaring dulu data yang mau dan siap datang nanti siapa dan berapa orang?

Jangan terlalu yakin dan nunggui mereka langsung datang di hari H-nya. Riskan!

Saat mau launching produk baru, jaring dulu data yang mau dan siap belanja produk itu nanti siapa dan berapa orang?

Jangan terlalu yakin dan nunggui mereka langsung belanja di hari H-nya. Beresiko!

Saat mau merilis kampanye baru, jaring dulu data yang mau dan siap terlibat dalam kampanye tersebut siapa dan berapa orang?

Jangan terlalu yakin dan nunggui mereka langsung terlibat kampanya di hari H-nya. Rentan!

Tes ombak dulu! Gaet animonya, karena kalau animonya aja nggak dapat, berarti ada yang salah.

Ingat, titik periksa marketing ada 5 Boscuuu

5 KAIDAH Pemasaran ala iMARKS

  1. Tentukan TARGET
  2. Pilih TIPE KONSUMEN IDEAL
  3. Rancang PROGRAM
  4. Buat KONTEN
  5. Lakukan AKTIVASI

Jadi ada 5 titik yang salah satu, salah dua, atau kelimanya salah ketika sebuah rencana pemasaran hanya berkutat pada AKTIVITAS, namun gagal berujung pada PRODUKTIFITAS.

Sam, cara pantau animo?

Gampang! Teramat mudah!

Jaring dulu dengan instruksi jelas kepada para peminat, mereka perlu ngapain sebagai tanda paham dan minat?

DM ke IG dan ketik apa?
Kirim WA dan ketik apa?

Atau favorit Saya, isi form online dengan Google Forms, agar datanya sekalian ter rekap.

Enak! Sebelum kejadian dapat memperkirakan. Sampai sini paham?

Salam Pertumbuhan!

Tulisan dari : Faizal Alfa
PT Fortuna iMARKS Trans

Perusahaan Pemasaran Yang Membanggakan Kota Malang

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top