Setelah dijelaskan mengenai marketing online, bahwa dalam kasus ini perlu dipelajari juga akan mengubah sisi awareness dari sebuah brand kuliner yang kita miliki. Belajar dari salah satu user yang saya ikuti menjelaskan algoritma instagram secara bijak.
Salah satu platform medianya ialah instagram. Secara fundamental bahwa sebuah instagram berkeinginan agar user bisa betah menggunakan instagram terus-menerus maka dari itu, akan muncul algoritm istagram secara otomatis akan menampilkan konten yang yang bikin betah user.
Lantas, seperti apasih faktor dari munculnya algoritm diinstagram?
- Relationship yang akan muncul ketika memiliki akun-akun prioritas dalam berkomunikasi dan berinteraksi dari likes, comment, mention, DM, tag. Disinilah algoritma membaca bahwa intensitas komuniksasi tinggi artinya memiliki kedekatan. Maka akun yang lebih sering berinteraksi akan muncul lebih dulu
- Interest, akun yang banyak kita follow cenderung akun foodies. Maka algoritma instagram akan melihat bahwa makanan akan banyak ditampilkan di explore karena interest kita banyak akun foodies
- Timeliness disini, secara otomatis kronologi timeline baru akan muncul dari dua prioritas yang sudah dijelaskan. Jika relationship dan interest sama, maka postingan yang lebih terbaru dari suatu akun akan diprioritaskan untuk muncul hal ini disebut kronologi.
Secara kesimpulan, dari yang dijelaskan bahwa algoritma di instagram akan membantu user. Karena dengan algoritma tersebut bisa mengetahui kategori interest dari sebuah akun instagram. Perlu cara untuk untuk memanfaatkan algoritma instagram agar akun kita dilihat yakni, build relationship follow akun-akun sesuai dengan market kita. Terutama komunitas foodies misalnya agar algoritma membaca bahwa akun kita memiliki kedekatan tertentu dengan akun tujuan.
Kemudian harus bisa menemukan audience dengan interest yang tepat. Sesuai dengan yang dijelaskan untuk foodies harus meyesuaikan follower kita adalah mengenai foodies. Terakhir harus memanfaatkan jam prime time yang sebenarnya untuk mengetahui perlu melihat insight pada instagram masing-masing karena prime time setiap akun berbeda-beda.
Ternyata algoritma instagram juga akan berlaku pada fitur instagram story yang mana memiliki interest dan sering berinteraksi akan diprioritaskan muncul paling kiri atau pertama kali dijajaran insta story.
Nah disinilah letak design instagram dalam sebuah konten perlu benar-benar dibuat secara krestif. Bukan sekedar post konten namun juga harus sesuai dengan design konten yang telah dibuat.
Algoritma instgram akan sangat penting selain untuk melihat performa juga menjadi sebuah jalan dalam dunia marketing dalam ranah awareness