Pahami 9 Kunci
.
Dalam sepakbola, salah satu posisi yang sering mendapat sorotan adalah posisi striker alias penyerang. Dengan tugas sebagai pencetak gol, jelas striker akan auto terekspos saat berhasil mencetak gol, namun sekaligus langsung jadi sasaran kekesalan saat melewatkan peluang emas, terutama saat kegagalan tersebut menyebabkan tim kita kalah, duh malu campur aduk sama kesal.
.
Eh, kok mirip sama tugasnya tim pemasaran ya? Kalau achieve target dirayain, kalau meleset, dinyinyirin 😇😇
.
Striker biasa pakai nomer berapa? Ya terserah strikernya, ngapain kita ngatur-ngatur? Pelatih bukan, manajer juga bukan, kok ngatur ngatur? Tapi, ada kecenderungan, bahwa, striker dalam olahraga sepakbola, memilih untuk menggunakan nomor 9 terpasang garang di nomor punggungnya. Coba sebutkan, striker kelas dunia yang menggunakan nomor 9, baik di klub maupun timnas, sudah dapat?
.
Cocokologi sekalian, karena ada 9 poin yang dibahas dalam poin-poin yang perlu dipahami terkait pemasaran dalam kemasan S3 Marketing. Apa saja itu?
.
1. Business Model
2. Profiling
3. Vertical Growth
4. Horizontal Growth
5. Customer Data
6. Digital Assets
7. Programs
8. Repetisi Tervalidasi
9. Pola Pertumbuhan
.
Duh, apalagi sih yang dibahas poin-poin itu? Kalau di titik ini belum paham, atau bahkan belum punya petunjuk sama sekali? Resiko! Karena itu menjadi indikator bahwa tingkat pemahaman mengenai pemasaran cukup rendah, bahaya! Tapi, kondisi ini, juga sekaligus Potensi! Karena bisa jadi, kompetitor Anda di bidang bisnis sejenis, sama-sama belum paham juga, sehingga jika Anda memahami penjelasan berikutnya, jelas secara kapasitas dan pengetahuan, Anda semakin di depan, modal memenangkan persaingan. Sampai halaman ini saja, sudah kerasa benefit Anda membeli dan menggali isi dari Buku S3 Marketing. Nggak nyesel kan? Atau malah nyesel berat, kok baru sekarang ketemu buku receh tapi ketjeh ini? Kok tidak dari dulu? Kenapa oh kenapa?
.
Mending ah, Anda duluan bacanya, bayangkan kalau kompetitor yang malah baca duluan? Nggak jadi cetar, adanya ambyar! Jadi, mau pinjemin buku ini ke kompetitor? Atau, infokan ke mereka agar beli juga?