Banyak aplikasi saat ini dibawah naungan Facebook. Sepertinya pada jaman seperti ini memang harus dimiliki oleh bisnis F&B karena menurut riset yang dilakukan oleh PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia dan Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) 89% bisnis sudah menggunakan ke4 aplikasi besutan Facebook yakni : Instagram, Facebook, Messenger dan Whatsapp
Pada aplikasi Instagram dan facebook digunakan untuk memasarkan produk dan menarik perhatian dari setiap pelanggan. Kemudian, aplikasi messenger dan whatsapp digunakan untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan. Dari penelitian banyak mengatakan bahwa 16% sebuah bisnis yang menggunakan 4 aplikasi diatas bisa menembus pasar internasional. Sehingga, dapat kita sepakati bahwa 4 platform dari facebook tersebut bisa membantu dalam mengembangkan bisnis mereka. Sehingga bisa mengurangi biaya pemasaran, mengurangu hambatan pertumbuhan serta efisiensi dari staf dan operasional.
Hasil riset yang menunjukkan keempat platform dalam mengembangkan bisnis :
- 75% bisa mengurangi biaya pemasaran
- 92% bisa meningkatkan jumlah pelanggan
- 71% efisiensi staf menajemen dan operasional
- 74% mengurangi hambatan pertumbuhan usaha
Namun, dari ke empat platform tersebut, sebenarnya setiap aplikasi memiliki peranannya masing-masing dan tergantung dari sisi apa pelaku bisnis dalam mendorong pertumbuhan bisnisnya. Sehingga poin pentinya adalah keterampilan dalam mengelolan facebook dan Instagram ads
Tinggal bayar, biarkan system yang bekerja mengiklan kan produk kita semua 😊