“Bisa- bisa nanti yang terjadi bukan bisnis indah dengan profit sesuai keinginan, tapi malah menjadi cinta bertepuk sebelah tangan,”

Ya, kutipan diatas adalah dari artikel saya yang sebelumnya, Defining The Market 0.1 yang dimana kita sudah bahas bagaimana ekspektasi tinggi owner bisnis yang tak tercapai karena tak memenuhi satu nilai. Defining The Market, kalau dibahasakan menjadi “Menetapkan Pasar” , alih- alih fokus di produk berharap akan laris manis , mending ketahui dan tetapkan dulu pasar yang ditarget.

Sebelum memutuskan membuat bisnis dengan menawarkan produk/ jasa, pastikan telah menemukan segmentasi market yang sesuai dengan bisnisnya, Segmentasi market meliputi 3 hal , demografis, geografis dan psikografis.

Demografis berarti harus memetakan jenis kelamin , umur , agama, pendidikan, jenis pekerjaan, pendapatan dan lain- lain yang berkaitan dengan life cycle seseorang.

Kemudian yang kedua demografis, berarti area target yang ditentukan, mulai dari tingkat paling bawah, rt/ rw , kelurahan , kecamatan , kota/ kabupaten, provinsi, bahkan sampe tingkat nasional. Atau mau lebih spesifik lagi , menargetkan di area pendidikan misalnya di universitas ABC di kota D.

Yang ketiga, adalah psikografis. Disini subkategori yang lebih spesifik dari segmentasi demografis. Identifikasi secara personal, karateristik pribadi dan sikap gaya hidup yang memperngaruhi keputusan untuk membeli. Contoh, market di kota C , ternyata tidak suka dengan produk manis pedas.

Dari 3 point segmentasi tadi penuhi terlebih dahulu, kemudian cocokan dengan produk yang akan dijual. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan pasar ? Apakah sudah bisa menyelesaikan kebutuhan market dan menjadi solusi untuk permasalahan market, karena inti dari sebuah bisnis menurut saya adalah Menjadi Solusi Untuk Permasalahan Pasar. Karena jika sebuah bisnis berhasil menjadi solusi, maka bisnis tersebut akan sangat bernilai.

Defining terpenuhi, setidaknya saat bisnis jalan tidak mengejar Hantu alias sudah menawarkan produk yang cocok dengan kebutuhan market.

Salam

Nicholas Ryan

PT Fortuna IMARKS Trans

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Go Top